Bupati Tanah Datar Apresiasi Peran PMI di Tengah Pandemi

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra mengapresiasi peran Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Datar dalam membantu masyarakat, khususnya di tengah pandemi COVID-19.

“Saat pandemi COVID-19, PMI Tanah Datar berada di barisan depan, terutama berperan untuk pemakaman pasien terkonfirmasi positif yang meninggal dunia. Karenanya, atas nama pemerintah daerah saya sampaikan apresiasi,” kata Bupati Eka Putra saat temu ramah dan audiensi bersama jajaran pengurus PMI Tanah Datar yang dihadiri di Indo Jolito Batusangkar, Kamis (24/6).

Karena risiko yang cukup besar dalam prosesi pemakaman pasien COVID-19, tambah Eka, semua relawan PMI harus tetap mengedepankan keselamatan dan keamanan dalam bertugas.

“Saya tahu, semangat dan dedikasi relawan dalam menjalankan tugasnya tidak diragukan lagi, namun tentunya agar jangan terjadi hal yang tidak diinginkan, safety atau keamanan dalam bekerja menjadi hal utama,” pesan Eka.

Kemudian, tambah Eka, PMI Tanah Datar telah mampu hadir menjadi mitra pemerintah daerah, terutama saat terjadi musibah dan bencana.

“Terima kasih atas dedikasi PMI selama ini untuk Tanah Datar, sekiranya ada permasalahan dan hambatan mari kita bicarakan untuk carikan solusi pemecahannya secara bersama-sama. Yang mudah jangan dipersulit dan yang sulit mari kita permudah,” tukas Bupati.

Sementara itu, Ketua PMI Tanah Datar Emi Irdinansyah menyampaikan, semenjak dikukuhkan menjadi ketua tahun 2017 lalu sudah banyak program yang bisa dilaksanakan sampai sekarang.

“Kita telah laksanakan berbagai kegiatan yang terbagi dalam empat program kerja, yakni kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana, pelayanan kesehatan dan pertolongan pertama, donor darah sukarela, serta menjadi tim gugus penanganan COVID-19,” terang Emi.

Turut mendukung program pemda, tambah Emi, PMI Tanah Datar siap menjadi mitra pemerintah.

“Misalnya PMI siap menjadi penyuluh sosialisasi cara penanganan COVID-19 ke Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah-sekolah. Bahkan saat ini untuk mempermudah masyarakat memperoleh darah kita bekerjasama dan didukung Dinas Kesehatan dan RSUD M. Ali Hanafiah telah mendirikan Unit Transfusi Darah (UTD),” ujarnya.

“Ke depan, tentunya kami berharap pak Bupati ataupun pemerintah daerah melalui OPD terkait bisa saling sinergi melaksanakan program kegiatan yang sekiranya bisa disinergikan,” tambah Emi.

Turut hadir, Plh Sekda Edi Susanto, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal. Sementara jajaran pengurus hadir Wakil Ketua (Waka) Bidang PB Aset dan Logistik Kapt. Inf (Purn) Yuliasman, Waka Bidang Kelembagaan dan Diklat Suwanto Hartono, Waka Bidang PMR dan Sukarelawan Yusnen, Waka Bidang PSD dr. Yesrita Zedrianis serta pengurus dan relawan PMI lainnya.