Plh Bupati OKU Hadiri Sosialisasi Ketaspenan dan Pelatihan Kewirausahaan

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra menghadiri acara Sosialisasi Ketaspenan, Pelatihan Kewirausahaan, dan Persiapan Pemberkasan Kepengurusan Pensiun Pertama di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU tahun 2021, di Ballroom The Zuri Hotel Baturaja, Kamis (24/6).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kabupaten OKU Mirdaili menyampaikan, berdasarkan daftar yang diperoleh dari Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) BKN, jumlah PNS yang memasuki batas usia pensiun tahun ini sebanyak 207 orang dan tahun 2022 sebanyak 217 orang.

Sementara itu, Plh Bupati OKU Edward Candra menyampaikan, usia pensiun sesungguhnya tidak menjadi batasan atau akhir dari masa tugas, akan tetapi merupakan puncak dari perjalanan pengabdian selaku PNS, dan juga bukan berarti kesempatan mengabdi kepada masyarakat dan bangsa terhenti.

"Namun dengan masa pensiun, kita akan lebih banyak memiliki waktu melaksanakan berbagai aktivitas sosial untuk kepentingan masyarakat luas. dan di sisi lain jaminan kesejahteraan yang diberikan negara kepada pensiunan PNS dalam bentuk asuransi sesungguhnya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," ujarnya.

Edward menjelaskan, perlu dipahami bahwa Taspen bukan hanya sebagai hak PNS selaku abdi masyarakat, akan tetapi sesungguhnya ini adalah penghargaan dari Negara.

"Dalam kaitan hak dan penghargaan inilah, kita selaku PNS yang berkedudukan sebagai Abdi Masyarakat dan Abdi Negara, seharusnya memberikan kinerja pengabdian yang terbaik. Saya berharap para peserta sosialisasi dapat dengan seksama mengikuti materi yang disampaikan narasumber, karena hal ini sangat penting untuk mendukung pelaksanaan tugas terutama dalam mempersiapkan diri bagi para ASN yang akan memasuki usia pensiun," ujarnya.

Acara dihadiri oleh, staf ahli bupati, OPD dan kabag terkait, kepala PT Taspen Cabang Palembang diwakili asisten manager, kepala cabang Bank Mandiri Taspen Palembang, kepala Kantor Kas PT Bank Mandiri Cabang Baturaja.