Besok, PPDB Online SMA Sederajat di Kabupaten Banjar Dimulai

Martapura - Lembaga sekolah pada jenjang SMA sederajat bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan akan memulai penerimaan peserta didik baru (PPDB) online, Senin (28/6) besok.

Sejumlah sekolah di Kabupaten Banjar, menyatakan kesiapan menyambut PPDB aplikasi siap Disdikbud Kalsel.

"Kami sudah siap tinggal menunggu aplikasinya saja," kata Kepala SMA Negeri 1 Martapura, Eko Sunyoto dihubungi jurnalis banjar, Minggu (27/6).

Menurut Eko, PPDB berlangsung selama tiga hari, sejak Senin (28/6/2021) hingga Rabu (30/6/2021).

"Kami menyiapkan 10 operator di sekolah untuk membantu siswa yang kesulitan mendaftar," katanya.

SMA Negeri 1 Martapura menerima 9 rombongan belajar dari berbagai zonasi, akademik, prestasi, afirmasi dan mutasi orangtua.

Eko berharap jaringan PPDB online tidak mengalami gangguan karena tahun ini merupakan tahun kedua PPDB SMA online. Semoga tahun kedua ini lancar dan tak ada hambatan," katanya.

SMA Negeri 2 Martapura menyiapkan 8 rombongan belajar tahun ini dan sudah menyusun prosedur operasional standar (POS) yang didalamnya memuat pedoman PPDB secara lengkap.

"Kami membentuk panitia sekolah, menyediakan posko di sekolah untuk melayani calon peserta didik yang mengalami kendala dalam pendaftaran secara online. Kamo menyiapkan 4 orang sebagai operator," kata Kepala SMA Negeri 2 Martapura Saryono.

Kepala SMK Negeri Martapura Dwi Ayati mengaku menyiapkan tujuh operator untuk melayani siswa yanv kesulitan daftar online dilayani di sekolah.

"Dilayani dengan protokol kesehatan dan tidak melayani offline. Kuota di SMK Negeri 1 Martapura sebanyak 18 rombongan belajar," katanya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Liana Penny mengimbau agar siswa-siswi lulusan SMP semangat melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi, masuk SMA atau SMK. Daftarkan segera diawal waktu, agar tidak terkendala saat pendaftaran," katanya.