Plt Bupati Muara Enim Buka Musrenbang RKPD 2020

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah membuka Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2020 di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Selasa (17/3).

Kegiatan yang dimotori oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) bertemakan "Muara Enim Unggul Berdaya Saing", dihadiri oleh unsur Forkompimda Kabupaten Muara Enim, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Elly Suryani, sekretaris daerah, asisten dan para kepala OPD setempat.

Dalam kegiatan Musrenbang RKPD 2020 tersebut juga menghadirkan narasumber dari dosen Institut Teknologi Bandung Dwi Larso, Asisten Ahli Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB Dona Saphiranti, serta Kepala BPS Provinsi Sumatera Selatan Endang Tri Wahyuningsih.

Ketua Pelaksana Ramlan Suryadi mengatakan, Musrenbang RKPD Muara Enim 2020 bertujuan untuk memacu perangkat daerah dalam rangka menyusun rencana kerja dan pelaksanaan program dengan baik, serta membahas dan menyelaraskan usulan dari hasil Musrenbang Kecamatan, termasuk dari hasil reses DPRD sesuai prioritas pembangunan.

Sementara itu, Plt Bupati Juarsah menyampaikan bahwa Musrenbang tingkat Kabupaten Muara Enim ini merupakan tahapan perencanaan pembangunan yang telah diselenggarakan secara berjenjang diawali dengan melakukan penyusunan pembangunan yang aspiratif dan partisipatif.

"Dalam penyusunan pembangunan tahun 2021 ada 6 prioritas pembangunan yakni penanggulangan kemiskinan, pemantapan infrastruktur dasar, pemerataan layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, pengembangan UMKM unggul dan industri kreatif, penguatan ketahanan pangan, SDM unggul dan pelayanan prima, serta pengelolaan lingkungan hidup dan penanggulangan bencana," jelas Juarsah.

Lanjut Juarsah, prioritas pembangunan tersebut akan menjadi pedoman dalam merencanakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) guna melaksanakan program kegiatan pada 2021 mendatang.

Plt Bupati juga berharap Kabupaten Muara Enim dapat mensinkronisasi dengan prioritas pembangunan yang telah disusun serta melalui Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim 2020 program dan kegiatan yang telah disusun dapat disepakati untuk jadi bahan penyusunan perancangan akhir RKPD Kabupaten Muara Enim 2021.

Dengan kerja sama, kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh komponen yang ada di Kabupaten Muara Enim, Plt Bupati Juarsah optimistis, kedepan bisa diwujudkan visi misi #MERAKYAT, Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera.