BLK Pangkep Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan II

Pangkep - Balai Latihan Kerja (BLK) Pangkep melaksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Angkatan II. PBK Angkatan II dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pangkep Nurlita Wulan Purnama, di aula BLK, Bontoa, Senin (28/6).

Ketua TP PKK Kabupaten Pangkep Nurlita Wulan Purnama, berharap alumni BLK memiliki keterampilan yang dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

"Harapan kita kedepan, agar peserta ikuti latihan dengan tekun dan serius. Agar kedepan, dengan keterampilan yang dimiliki dapat meningkatkan perekonomian keluarga," katanya.

Lanjut istri Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau itu mengatakan, melalui program rumah siap kerja, Pemkab Pangkep akan membantu mencarikan pekerjaan bagi alumni BLK untuk sesuai keterampilan masing-masing. Namun, jika alumni ingin mandiri dengan membuka usaha sendiri, Pemkab Pangkep siap bantu modal.

Sementara itu, Sub Koordinator dan Program BLK Makassar Harif Hadi mengatakan, tahun ini melalui APBN, Pangkep mendapat 12 paket pelatihan.

Ditambahkan Kepala BLK Pangkep Syahruddin, bahwa pelatihan tersebut akan berlangsung selama 30-45 hari. Setelah itu, peserta akan diuji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Makassar.

Dia menjelaskan bahwa pelatihan ini dilakukan secara terbatas, yakni setiap kejuruan hanya diikuti 16 peserta saja. Selain itu, pelaksanaan nya pun menerapkan protokol kesehatan (prokes), berupa mengenakan masker, menjaga jarak dan pengecekan suhu tubuh.

“Kalau sumber dananya ini berasal dari APBD dan APBN. Jadi di pelatihan ini kita harapkan ada output bagi peserta untuk membuka usaha mandiri di rumahnya maupun di UMKM,” jelasnya.

Lanjutnya bahwa saat ini ada 11 kejuruan yang ada di BLK Pangkep. Proses pelatihan pun masih terus berlangsung hingga akhir tahun mendatang.