Bupati Bengkulu Tengah Bersama Wali Kota Bengkulu Tinjau Lokasi Pembangunan TPA di Desa Gaja Mati

Bengkulu Tengah – Pemerintah Bengkulu Tengah menyiapkan lahan 20,7 hektar yang akan diperuntukkan untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, yakni di Desa Gaja Mati, Kecamatan Semidang Lagan.

Lokasi tersebut langsung ditinjau oleh Bupati Bengkulu Ferry Ramli, bersama Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan serta pihak-pihak terkait pada Senin (21/6).

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan, lokasi yang telah disiapkan Pemkab Benteng untuk pembangunan TPA adalah langkah awal dalam penanganan masalah sampah.

“Kita jalin kolaborasi antardaerah baik kabupaten/kota maupun antarprovinsi. Oleh karena itu saya berharap kerjasama dengan Pemkab Benteng dalam penanggulangan masalah sampah ini bukan hanya sebatas satu dua hari saja, namun untuk jangka yang tidak bisa di tentukan,” jelas Hemi

Di tempat yang sama, Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli  mengatakan, kerjasama antara Pemerintah Kota Bengkulu dengan Pemkab Benteng

adalah tindaklanjut MoU beberapa waktu yang lalu untuk mempersiapkan lahan pembangunan TPA tersebut.

“Karena TPA kota saat ini terletak di Air Sebakul yang dekat dengan lingkungan warga menurut saya itu kurang bagus. Oleh karena itu saya bersama dengan wali kota untuk pembangunan TPA diletakkan di Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Alhamdulillah hal tersebut direspons langsung oleh wali kota,” imbuhnya.

Lanjut bupati, permasalahan sampah bukan masalah yang gampang oleh karenanya lahan untuk pembangunan TPA sudah disiapkan 20, 7 hektar yang berlokasi di Desa Gaja Mati, bahkan jalan menuju TPA tersebut sudah dibangun.

“Program untuk pembangunan TPA dari pemerintah pusat sudah ada. Oleh karena itu, kita secepat mungkin untuk segera mengajukan proposal dengan harapan nantinya cepat terealisasi supaya pembangunan TPA segera dilaksanakan,” ujarnya.