Dinsos Kota Kediri Salurkan Bantuan Sembako Warga Karantina di Setonopande

Kediri -Dinas Sosial Kota Kediri menyalurkan bantuan sembako untuk warga isolasi mandiri terkait pemberlakuan karantina wilayah (lockdown) pascatemuan 11 orang positif COVID-19 di RT 03/RW 04, Kelurahan Setonopande, Senin (28/6).

"Menyusul kebijakan karantina wilayah guna memaksimalkan isolasi mandiri bagi warga di lingkungan RT 03 RW 04 Kelurahan Setonopande, kami salurkan sejumlah bantuan paket sembako plus untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan warga selama menjalani karantina," ungkap Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto.

Kutut menuturkan, bantuan paket sembako ini diberikan kepada total 40 kepala keluarga di lingkungan tersebut.

"Ada 40 paket sembako plus yang kami salurkan kepada total 40 kepala keluarga di lingkungan tersebut," imbuh Kutut.

Sedangkan isi dari bantuan paket sembako plus tersebut meliputi 20 kg beras, 3 kg telur (5 pax), 4 liter minyak goreng, 4 kaleng sarden, kecap 2 botol. Selain bahan makanan, juga disertakan sebanyak 2 box masker yang diberikan kepada setiap kepala keluarga. Bantuan tersebut disalurkan melalui kelurahan setempat untuk selanjutnya didistribusikan kepada para penerima.

Sementara itu Lurah Setonopande Widyapurna Nurhuda mengatakan, penyaluran bantuan paket sembako plus ini akan dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Untuk teknisnya nanti kemungkinan akan kami letakkan di depan-depan rumah warga, jadi warga tinggal ngambil dan masuk lagi ke dalam rumah untuk melakukan isolasi," tuturnya.

Huda juga mengatakan, masa karantina wilayah skala mikro selama 14 hari ini sesuai dengan peraturan dari Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Gugus Tugas COVID-19.

Huda mengatakan, bagi yang bekerja, pihak kelurahan siap untuk membuatkan surat izin yang menerangkan bahwa yang bersangkutan sedang menjalani isolasi.

"Kami fasilitasi surat izin bagi warga yang bekerja yang bisa digunakan sebagai keterangan izin kerja di perusahaan, kantor atau toko tempat mereka bekerja," tutur Huda.

Adapun penjagaan karantina wilayah ini akan dilakukan selama 24 jam oleh petugas tiga pilar kelurahan Setonopande, dibantu oleh warga sekitar.

"Kami berharap isolasi mandiri ini bisa berjalan maksimal, bantuan paket sembako bisa bermanfaat, sehingga warga yang terkonfirmasi positif dapat segera dinyatakan negatif," pungkasnya.