Cegah Stunting, Wapres Minta Peran Aktif Keluarga

Martapura - Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28 tahun 2021 sekaligus Launching Vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil, menyusui dan anak usia 12-18 tahun berlangsung secara virtual, mengusung tema ”Keluarga Keren, Cegah Stunting” Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berkualitas.

Mewakili Pemkab Banjar, peringatan Harganas 2021 sihadiri secara virtual oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar Siti Hamidah didampingi Kepala Dinas Kesehatan Banjar Diauddin beserta para kepala SKPD di Command Center Manis, Selasa (29/6) pagi.

Sementara iru, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta agar keluarga dapat berperan penting sebagai tempat pertama bagi anak untuk mendapatkan pendidikan nilai. Seperti nilai-nilai seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran dan kasih sayang yang ditanam oleh orang tua.

”Peran keluarga diharapkan dapat berperan aktif dalam menanggulangi dan mencegah Stunting. Dengan cara memberikan gizi dan asupan bernutrisi bagi anak sejak balita. Saya minta komitmen semua untuk menjaga keluarga masing masing agar bisa menciptakan generasi berkualitas, kita harus mengupayakan mencegah Stunting berawal dari keluarga,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Banjar dr. Diauddin dalam keterangannya terkait Launching Vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia 12-18 tahun, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan Banjar siap menfalisitasi.

”Sesuai apa yang diamanatkan wapres tadi pihak kita siap akan memfasilitasi vaksin bagi ibu hamil dan menyusui serta anak usia remaja, tentunya dengan pengawalan dokter sebelum dan sesudah bervaksin. Juga menunggu rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ) baru kita akan laksanakan vaksin tersebut,” ucapnya.