Asisten III Muara Enim Ingatkan Arsip Harus Dijaga

Muara Enim - Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim Maryana membuka sosialisasi penyediaan informasi, akses dan layanan kearsipan  melalui Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) di Griya Hotel Serasan Sekundang, Selasa (29/6).

Hal ini untuk mengingatkan jajaran Pemkab Muara Enim agar arsip benar - benar dijaga agar dalam keadaan apapun masih bisa dimanfaatkan.

"Arsip harus dijaga jangan setelah lima tahun nanti malah hilang. Arsip jangan diletakkan diluar dan sampai kena hujan, karena arsip merupakan transparansi dan bentuk akuntabilitas pemerintahan kepada publik," pesannya.

Asisten III sangat mendukung upaya bersama satu langkah mewujudkan arsip digital, karena arsip digital dapat memberikan pelayanan informasi arsip yang dinamis seperti pada JIKN.

"JIKN memberikan kemudahan untuk menyatukan bahan-bahan tersebut yang ada secara fisik, mengingat tersebar lintas yurisdiksi dan geografi yang berbeda, maka JIKN yang berbasis teknologi menawarkan suatu solusi dalam rangka menciptakan memori virtual secara nasional," ujarnya.

Asisten berharap dengan pengelolaan website JIKN secara teratur, pengguna dapat memahami konten yang disampaikan. Selain itu, tambahnya, website JIKN dapat menjadi salah satu website penunjang untuk pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan kerja serta pengembangan ilmu pengetahuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.