Bupati Muda: Purna Tugas Bukan Akhir Pengabdian

Kubu Raya - Memasuki purna tugas bukan berarti berakhir pula pengabdiannya. Pesan tersebut disampaikan Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat Muda Mahendrawan kepada Camat Sungai Raya Suhari yang akan memasuki masa purna tugas pada tanggal 30 Juni 2021.

Bupati Muda di Sungai Raya, Selasa (29/6), menyampaikan masa purna tugas bukan akhir dari sebuah pengabdian, namun harus lebih berinovasi dan kreatif lagi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar bisa menciptakan kebahagiaan di masa pensiun.

“Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) pasti akan menghadapi masa pensiun. Kita yang biasanya memiliki kewenangan dalam mengambil kebijakan kemudian tiba-tiba harus pensiun dan justru itulah nilai yang paling berharga dan kondisi itu sudah saya alami saat saya pernah pensiun dari bupati Kubu Raya pada tahun 2014 lalu. Untuk itu saya selalu berpesan kepada ASN dari awal menjalankan pengabdiannya pasti akan dihadapkan berbagai tantangan," kata Bupati Muda Mahendrawan saat menghadiri pelepasan/purna Tugas Camat Sungai Raya Suhari, dan Ketua TP PKK Sungai Raya Hairianti yang akan berakhir 30 Juni 2021 di Qubu Resort, Selasa (29/6).

Bupati mengatakan, meski dalam purna tugas Camat Suhari ini dalam suasana sedih, tapi harus tetap menunjukan pengabdian dan kebahagiaan karena nilai kebahagiaan saat pensiun inilah yang akan dapat dirasakan, sebab warga Sungai Raya sudah terkesan karena Camat Suhari selama lebih dari lima tahun menjabat sudah berbuat yang terbaik untuk warganya.

“Sekarang kita bisa membayangkan, ketika ada kewenangan kemudian memasuki masa pensiun kondisi itu akan terbiasa dan kita akan menghadapinya dengan santai-santai saja karena kita sudah terbiasa tidak mendewa-dewakan jabatan, pangkat dan tidak mendewa-dewakan kekuasaan. Tapi kalau terlalu mendewa-dewakan, nah harus hati-hati," ujarnya.

Oleh karena itu, Muda selalu berpesan kepada seluruh kepala desa, camat, kepala SKPD dan para pemimpin diberbagai organisasi dan lain sebagainya agar gunakanlah kewenangan yang diberikan, agar amanah itu benar-benar untuk memberikan sebuah jalan dan solusi serta bermanfaat bagi orang banyak dan itulah visi Kubu Raya.

“Artinya apa, kita jangan sampai menjadi orang yang nantinya kesepian, karena orang melupakan kita terlalu cepat, sebab tidak ada nilai yang kita tanamkan saat masih menjabat dulu. Coba lihat orang-orang besar yang ada di dunia dan republik ini, seperti  Mahatma Gandhi dari India, dan di negara kita ada Soekarno, Jenderal Sudirman, Bung Tomo kemudian para ulama dan tokoh-tokoh pejuang kita, mereka memang sudah tidak ada (mati) tapi tidak pernah mati, karena fikiran dan kata-katanya tetap dalam fikiran kita semua," ucapnya.

Menurut Muda yang dibutuhkan adalah mengubah maindset setiap pegawai untuk juga memiliki maindset enterpreuner. Oleh sebab itu apresiasi diberikan kepada camat Sungai Raya yang telah berhasil menjalankan tugasnya selama lebih dari lima tahun menjabat sejak 4 April 2016.

Sementara itu, Camat Sungai Raya Suhari mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, terutama bupati, wakil bupati dan sekretaris daerah yang selama ini mempercayakan dirinya mengemban amanah.

"Terima kasih atas saran, bimbingan dan nasehat saat saya menjabat selama ini dan saya juga minta maaf jika selama saya menjabat ada perkataan dan perbuatan saya yang baik disengaja maupun tidak sengaja ada yang salah, karena sebagai manusia yang lemah di hadapan sang khaliqnya, tentunya saya luput dari kesalahan dan dosa," paparnya.

Pada acara purna tugas Camat Parengan ini hadir pula Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sungai Raya Musa Abdul Hamid beserta anggota, kepala desa se kecamatan Sungai Raya dan seluruh Camat yang tersebar di sembilan kecamatan.