Antisipasi Varian Baru COVID-19, Wabup Ciamis Sosialisasikan Kewaspadaan di Kecamatan

Ciamis – Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra bersama Forkopimda kembali menggelar sosialisasi pencegahan COVID-19 untuk mengantisipasi penyebaran varian baru virus tersebut di Kecamatan Banjarsari, Selasa (29/6).

Didampingi Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, wabup Ciamis menyampaikan sudah hampir 1,5 tahun pandemi COVID-19 melanda bangsa Indonesia dan dunia pada umumnyana dan telah berdampak terhadap berbagai sektor kehidupan baik perekonomian, pendidikan, kebudayaan dan yang lainnya.

"Melihat pemberitaan yang ada saat ini kita dihadapkan pada gelombang kedua COVID-19, yang lonjakan kasusnya baik lokal, regional maupun nasional melebihi kasus yang ada sebelumnya," ucapnya.

Dijelaskan Yana, menurut para ahli lonjakan kasus saat ini salah satunya diakibatkan oleh adanya varian baru dari COVID-19 yang lebih kuat dan lebih cepat menular.

"Di Kabupaten Ciamis sendiri untuk hari kemarin saja tercatat ada 19 orang yang meninggal akibat COVID-19, " tegasnya.

Menanggapi hal itu, wabup Ciamis mengajak seluruh pimpinan di tingkat kecamatan untuk sama- sama memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahayanya varian baru dari COVID-19 disamping juga mensosialisasikan protokol kesehatan.

"Wabah COVID-19 masih belum selesai, kita masih dituntut untuk bekerja keras memberikan pemahaman kepada masyarakat, selain itu juga bagaimana caranya agar prokes ini menjadi kesadaran kolektif,* jelasnya.

Wabup Ciamis juga mengintruksikan untuk menyamakan narasi kepada masyarakat bahwa pencegahan COVID-19 ini bagian dari pemulihan ekonomi.

"Kita harus menyamakan narasi dalam memberikan edukasi pada masyarakat, bahwa apa yang dilakukan kita saat ini dalam upaya pencegahan pandemi merupakan bagian dari pemulihan ekonomi," tegasnya.

Senada dengan Wabup Ciamis, Dandim 0613 Letkol Czi Dadan Ramdan mengatakan, saat ini seluruh daerah rata-rata kasus positifnya naik dan ketersediaan ruangan di rumah sakit juga sangat terbatas.

"Mari kita sama-sama saling membantu dengan perannya masing-masing, salah satunya memaksimalkan fungsi satgas baik di tingkat kabupaten, kecamatan sampai ke desa," ungkapnya.

Diketahui, pelaksanaan sosialisasi kewaspadaan COVID-19 juga dilaksanakan secara serentak di beberapa Kecamatan diantaranya Kecamatan Sukamantri oleh sekretaris daerah Ciamis bersama kepala Dinas Perhubungan, kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis dan perwakilan Dinas Kesehatan. Kemudian Kecamatan Panumbangan oleh asisten daerah, kepala Kejaksaan Negeri Ciamis dan kepala Dinas Kesehatan.