Dua BUMDes Tanah Laut Sabet Dua Gelar Tingkat Kalsel

Pelaihari - Kabupaten Tanah Laut patut berbangga miliki dua Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang berhasil menyabet dua gelar sekaligus pada Lomba BUMDes se-Kalimantan Selatan.

Kedua BUMDes tersebut adalah BUMDes Berkah Mulia Desa Bukit Mulia yang meraih terbaik 1 berhasil membawa pulang uang senilai Rp25 juta dan BUMDES Maju Bersama Desa Tirta Jaya yang berhasil meraih terbaik 6 dengan total hadiah diterima Rp8 juta.

Sama-sama mulai berdiri tahun 2016, kedua BUMDes ini memiliki usaha primadona yang berbeda.

BUMDes Berkah mulia memiliki jasa katering sebagai unit usaha unggulan yang berhasil mendapat kepercayaan PT Arutmin Indonesia untuk memenuhi makanan harian karyawan. Ada pula beberapa unit usaha lainnya seperti jasa konstruksi, peternakan kambing, peternakan ayam petelur, agen pembayaran, layanan air bersih dan unit usaha yang telah dijalankan ada Program Pertades yaitu program mitra BUMDes untuk pengadaan bahan bakar minyak.

Tidak ketinggalan BUMDes Maju Berkah mempunyai produk unggulan berupa produk minuman jahe merah instan yang sudah memiliki pangsa pasar cakupan kota-kota besar di Indonesia, serta produk lainnya seperti Virgin Coconut Oil (VCO) temulawak instan, kunyit instan, rempah instan, kencur instan, Pupuk Bokashi, serta Bos Urin pupuk yang terbuat dari urin sapi.

Komitmen yang kuat dalam menjalankan usaha mengantarkan kedua BUMDes asal Tanah Laut ini berhasil meraih juara. Hal ini disampaikan oleh Kasi Bina Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Laut Marlisa Zanna Rihana saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin (28/6).

"Dua BUMDes ini memiliki komitmen yang sangat kuat meski saat perjalanan memulai usaha yang hanya dengan mengandalkan pemanfaatan kegiatan masyarakat itu ada pasang surut dan sempat drop, tetapi mereka memiliki semangat untuk tetap bangkit," ujar Marlisa Zanna Rihana.

Penyerahan hadiah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kepada para juara lomba BUMDes dilaksanakan saat digelarnya Expo BUMDes di Duta Mall Banjarmasin pada 26 Juni 2021 lalu.