Kominfo Gelar Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital

Martapura - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bersama Siberkreasi menggelar Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 dengan tema "Kupas Tuntas Dunia Online dari E-commerce hingga Etika Berdigital" digelar secara virtual, Selasa (29/6) pagi.

Webinar ini menghadirkan narasumber Ratyuhono Linggar Putra sebagai praktisi SDM dan profesional coach, Dewi Oktavia Fitriani jurnalis dan Nadila Febycha sosmed admin dan jurnalis.

Dalam materinya, Ratyuhono Linggar Putra menyampaikan terkait tren pekerjaan dan usaha di dunia digital. Menurutnya, saat ini fenomena pandemi COVID-19 sangat cepat mengubah perilaku kehidupan sehari-hari sehingga berdampak pada jenis-jenis pekerjaan dan tren usaha atau bisnis yang banyak digeluti.

“Tren pekerjaan di era digital sekarang seperti data analis di perusahaan, desainer video editor atau juga grafic desainer, programmer atau software developer (Coding), blogger/copywriter ( penulis ), sosial media spesialis ( pengelola akun medsos ) atau digital marketer, produk photografer, guru online, content creator, hingga trading saham,” ungkapnya.

Dikatakannya, lapangan pekerjaan semua itu tidak harus sekolah formal, namun bisa didapatkan pada internet. Seperti online education, karena sudah banyak platform-platform yang bisa didapatkan secara gratis, sedangkan untuk usaha di dunia digital yaitu toko online.

”Ketika kita membuka toko online pastikan dulu benar-benar apakah kita menyukai bisnis yang digeluti,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, kelebihan bisnis di era digital tersebut cukup banyak, seperti pilihan beragam atau bervariasi, tidak harus melakukan satu bisnis saja tapi bisa secara paralel atau lebih dari satu. Selain itu jangkauan bisnis online lebih luas daripada offline yang hanya disekitar toko saja.

” Tapi kalau kita membuka toko online pangsa pasarnya bisa sampai ke luar negeri kalau produk yang menarik,” tutup Linggar.