Lansia Disabilitas Ini Antusias Ajak Tujuh Anggota Keluarganya Divaksin

Kubu Raya - Antusias warga semakin membludak pada hari terakhir pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 yang digelar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat yang mencapai lebih dari 2.000 orang.

Pantauan di lokasi, sejak pukul 08.00 WIB, ribuan masyarakat yang berada di penjuru Kubu Raya dan tersebar di sembilan kecamatan mulai memadati halaman kantor bupati dan ruang Praja Utama aula kantor bupati untuk antre mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dan vaksinasi massal.

Tampak seorang Pegawai Negeri Sipil Pemkab Kubu Raya membantu mendorong kursi roda lansia Tiongoa yang ikut vaksinasi massal bersama tiga anak dan empat saudaranya. Mengingat pada pelaksanaan vaskinasi massal lanjutan ini, memang diperuntukan bagi lansia, sehingga setiap pegawai maupun Satpol PP terlihat sibuk dan sigap membantu warga yang mengajak orang tua atau neneknya yang ikut vaksinasi massal ini.

DI temui di lokasi, satu diantara tiga anak lansia Tionghoa Ani mengaku mengetahui adanya vaksinasi massal ini dari mamanya saat mendengar dan melihat video ajakan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan kepada warganya untuk ikut vaksinasi massal.

“Minggu lalu saya bersama adik dan kakak diajak mama untuk ikut vaksinasi massal COVID-19 di kantor bupati ini, karena saya belum yakin, saya kemudian bertanya kepada mama saya, mama tau dari mana ada vaksinasi massal. Kemudian mama saya bilang, coba kamu tonton kiriman video dari kokoh yang ada di hp mama. Setelah saya yakin, saya langsung menuruti ajakan mama," kata Ani saat ikut mengantri vaksinasi massal di halaman kantor bupati, Rabu (30/6).

Ani menjelaskan, selain mengajak dirinya, orang tuanya juga mengajak adik dan kakak serta 4 saudaranya untuk mendaftar ikut vaksinasi massal COVID-19 yang digelar pemkab Kubu Raya. Sebelumnya, dirinya bersama keluarga besarnya berkumpul dulu untuk bagaimana caranya membawa orang tuanya disuntik vaksin.

“Setelah kami sekeluarga berembuk, kokoh saya bersedia meminjamkan mobilnya untuk membawa maam dengan kursi rodanya. Kokoh saya berpesan, kamu yang nanti dorong mama ke mobil dan jika sampai di kantor bupati, kamu harus cepat menurunkan kursi roda mama ya," ujarnya.

Warga Desa Arang Limbung ini merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang memfasilitasi kegiatan vaksinasi massal ini, sehingga dirinya bersama ibu dan saudaranya bisa ikut kegiatan ini. Sekarang kami semua di keluarga saya sudah di suntik vaksin, termasuk kakak dan adik iparnya, suami bersama kedua anaknya. Bahkan kakak dan adek ipar serta bibinya telah disuntik vaksin di Puskesmas Sungai Durian.

“Saya sangat bersyukur, pak bupati sudah menyediakan tempat ini untuk saya bersama mama dan saudara saya. Kalau bisa kegiatan ini bisa terus dilakukan, karena suntik vaksin ini sangat penting sekali untuk menjaga imunitas kita di tengah pandemi COVID-19 yang saat ini sudah sangat memprihatinkan dan menakutkan. Semoga aja dengan vaksinasi massal ini, kita semua bisa sehat dan pandemi bisa juga cepat hilang," imbuhnya.