Dinas P2KBP3A Ciamis Umumkan 25 Juara Program Bangga Kencana

Ciamis - Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Ciamis Dian Budiyana mengapresiasi capaian pengelola program Bangga Kencana, Akseptor Lestari dan Kampung KB Terbaik tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2021.

Kegiatan pemberian apresiasi kepada 25 pemenang tersebut berlangsung di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis pada Rabu (30/6).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Ciamis Dian Budiyana memberikan apresiasi kepada para penggerak bangga kencana.

"Saya berikan apresiasi dan penghargaan kepada para penggerak bangga kencana atas berbagai capaian program yang telah dilaksanakan sampai di tingkat desa dan sekaligus merupakan ujung tombak pelaksanaan program di lini lapangan," ungkap Dian.

Dian memaparkan rincian dari 25 pemenang sesuai Surat Keputusan Bupati Ciamis merupakan hasil seleksi yang diikuti oleh setiap perwakilan dari 27 kecamatan.

"Apresiasi hari ini diberikan kepada para pengelola terbaik dari masing-masing kategori sesuai jenis kegiatan yang dilombakan," ujarnya.

Diantaranya adalah kategori PKB/PLKB 3 orang, TPD/K 3 orang, PPKBD 3 orang, Akseptor Lestari 10 Tahun 3 pasangan suami istri, Akseptor Lestari 15 Tahun 3 pasangan suami istri, Akseptor Lestari 20 Tahun 3 pasangan suami istri, Kampung KB sebanyak 6 orang dan Pencatatan Pelaporan 1 orang.

Selanjutnya, Dian mengatakan bahwa kegiatan ini juga di laksanakan sebagai bagian rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-379, dan rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-28 tahun 2021.

Pada kesempatan tersebut, diinformasikan juga bahwa dari seluruh pemenang tersebut ada beberapa perwakilan dari Ciamis yang berhasil menjadi perwakilan Provinsi Jawa Barat di tingkat Nasional yaitu dari Akseptor Lestari 20 Tahun dan juga PPKBD, imbuh Dian.

Dian menerangkan, dari tiga kategori yang dilombakan di tingkat Provinsi Jawa Barat diantaranya yaitu kategori TPD, PPKBD dan Akseptor Lestari 20 Tahun.

"Alhamdulillah, ketiga-tiganya mendapat juara yaitu atas nama Dede Ma'mun, S,IP. Juara 2 TPD Tingkat Provinsi Jawa Barat, Entin Kurnia Hartini Juara 1 PPKBD Tingkat Provinsi Jawa Barat dan masuk nominasi 5 besar di Tingkat Nasional, dan Ikah / Maman Taryoman Juara 1 lomba Akseptor Lestari Tingkat Provinsi Jawa Barat," urainya.

"Saya ucapkan banyak terimakasih karena sudah dapat mewarnai Program Bangga Kencana baik di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat dan juga di tingkat Nasional Tahun 2021," ungkapnya.

Intinya, menurut Dian, program Bangga Kencana di Kabupaten Ciamis dikaitkan dengan HARGANAS karena pada hakekatnya keluarga merupakan unit terkecil yang ada di masyarakat yang terdiri dari suami isteri dan anak, ayah dan anak, serta ibu dan anak.

"Sehingga momentum ini mengingatkan kita bagaimana sebuah keluarga itu bisa menjadi pondasi yang kuat untuk majunya suatu bangsa," jelasnya.

Kegiatan apresiasi ini merupakan kegiatan rutin tahunan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas P2KBP3A.

Salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan dari tingkat Kabupaten, sekaligus juga untuk mendapatkan pengelola program terbaik di masing-masing kategori yang akan mewakili Kabupaten Ciamis di tingkat Provinsi Jawa Barat, jelasnya.

Asisten Daerah Administrasi Umum Kabupaten Ciamis Oman Rohman mengatakan, kegiatan apresiasi ini menjadi penting untuk dilaksanakan agar muncul unggulan-unggulan yang dapat menjadi contoh dan model dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana di Kabupaten Ciamis.

"Tingkatkan terus kemitraan dan kebersamaan semua lapisan masyarakat agar kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan berjalan dengan baik dan lancar," tutur Oman.

"Terima kasih kepada para Pengelola Program Bangga Kencana, akseptor lestari dan kampung KB yang kali ini mendapatkan apresiasi, jangan hanya sampai disini, tetapi harus bisa mempertahankan dan memberi tauladan kepada yang lainnya," tandasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Kania Ernawati Herdiat didampingi Wakil Ketua TP-PKK Gita Griselda Yana D. Putera, Asda III, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Ciamis, Ketua GOW Kabupaten Ciamis, Ketua DWP Unit Dinas P2KBP3A beserta jajaran pengurus.