Wabup Hadiri Pisah Sambut Kepala Kemenag Rohul

Rohul – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau menyebut Kementerian Agama (Kemenag) Rohul sebagai mitra strategis dalam pelaksanaan program pembangunan khususnya di bidang keagamaan dalam rangka mewujudkan masyarakat rukun dan damai.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Rokan Hulu Indra Gunawan saat memberikan sambutan Pisah Sambut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rohul dari Syahrudin kepada Afrialsah, di halaman Kantor Kemenag Rohul, Kamis (1/6).

Wabup Rohul yang akrab dipanggil Bang Ujang Lurah mengatakan, atas nama Pemkab Rohul mengucapkan terima kasih kepada Syahrudin yang telah mengabdi sebagai Kakan Kemenag Rohul sekitar empat tahun, dan telah banyak memberi kontribusi dalam memajukan program keagamaan.

“Kita ucapkan selamat bertugas buat Pak Syahrudin, yang dapat promosi dan berprestasi sebagai Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemennag Riau. Kami juga mengucapkan selamat datang Kakan Kemenag Rohul yang baru Pak Afrialsah. Semoga menjadi teadan dalam pengembangan program keagamaan di Rohul,” ujarnya.

Wabup Rohul menjelaskan, pembangunan dalam bidang agama difokuskan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan agama di Rohul, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas kerukunan umat.

“Kedepannya banyak hal yang perlu kita sinergikan, oleh karena itu kerjasama Pemkab Rohul bersama Kemenag harus kita bangung seefektif mungkin. Kita harus pastikan bahwa kedepanya pembangunan kehidupan beragama harus dilakukan secara bersama-sama, peningkatan kualitas pendidikan di pondok pesantren, MDTA dan madrasah merupakan tanggung jawab kita bersama,” ujarnya

Sementara itu, Kakan Kemenag Rohul yang lama Syahrudin menjelaskan, dirinya mengabdi di Rohul 30 April 2017 hingga dilantik sebagai Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh, dirinya telah mengabdi sebagai Kakan Kemenag Rohul selama 4 tahun 1 bulan 25 hari.

“Saya tidak menduga nilai asesmen saya paling tinggi di Riau, dan dilantik sebagai kabid juga sesuatu yang tidak diduga,ini  merupakan rencana Allah SWT. Sebagai Kemenag Rohul banyak kenangan indah yang kita jalani bersama dalam mensukseskan program keagamaan di Rohul,” ujarnya.

Ia mengaku melangkah ke provinsi tidak terlepas dari dukungan dan doa pegawai di lingkungan Kementerian Agama Rohul. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai yang telah memberi support selama bertugas di Rohul.

“Semua kita memberikan sumbangan terbaik untuk kantor yang kita banggakan ini, untuk Pak Kakan Kemenag yang baru, orang Rohul ini ramah baik yang bercirikan nuansa Islami dan religius, semoga tugas baru terkait dengan rencana dan sinergi dengan Pemkab Rohul bisa dilaksanakan dalam peningkatan keagamaan,” harapnya.

Di tdmpat yang sama, Kakan Kemenag Rohul Afrialsah menjelaskan, awal karirnya sebagai guru madrasah di Pekanbaru, kemudian diangkat sebagai Kasi Kelembagaan dan Informasi, lalu sebagai Kasubbag di Kanwil Kemenag Riau, Kabid Urusan Agama Islam dan Kakan Kemenag Rohul.

Dijelaskannya, kedepan yang menjadi prioritas untuk menegerikan sejumlah madrasah di Rohul.

Afrialsah kedepannya berkomitmen melaksanakan program Kemenag, yaitu pemerataan dunia pendidikan madrasah.

“Program prioritas kita bersanding dengan Pemkab untuk menyelesaikan MA di Ujung Batu,” harapnya.

Selain itu, lanjut Afrialsah, Kemenag akan merevitalisasi KUA, fungsinya sebagai urusan agama dan moderasi agama di kantor kecamatan. Selain itu Penyelenggaraan haji dan umrah dan revitalisasi SDM.

“Karena Ujung tombak kegamaan itu adalah KUA dan penyuluh agama di desa. Untuk itu kedepannya kita harus bersinergi untuk mewujudkan Rohul yang cemerlang dan terbilang Rohul sebagai Negeri religius,” pintanya.