140 Pambakal Resmi Dilantik, Ini Pesan Bupati Banjar

Martapura - Setelah terpilih dalam Pilkades serentak beberapa waktu lalu, 140 kepala desa dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur untuk periode 2021-2027, di Aula Dinas Pendidikan, Kamis (1/7) siang.

Saidi Mansyur mengucapkan selamat kepada para kepala desa yang telah dilantik dan resmi menjalankan tugasnya sebagai pambakal.

”Atas nama pribadi dan wakil bupati, saya mengucapkan selamat kepada para pambakal yang tersebar di 19 kecamatan, dengan pengambilan sumpah jabatan hari ini resmi menjabat dan menjalankan tugasnya di desa masing-masing,” ujarnya.

Ia menambahkan, tugas dan kewajiban seorang pambakal memang tidak mudah, selain mampu memimpin juga harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

Dikatakan Saidi, ada beberapa poin penting, seiring  peralihan kepemimpinan bupati dan wakil bupai, ada perubahan sistem yang nantinya bisa dikoordinasikan bersama.

Dirinya juga mempersilakan kades untuk melakukan kunjungan kerja keluar daerah untuk melihat desa lain, dan menerapkan inovasi yang didapat didesanya. Mampu memanfaatkan potensi desa yang ada.

“Memikirkan kemajuan desa, berinisiatif  untuk mengembangkan desanya agar lebih baik lagi,” pesannya.

Lebih jauh ia berpesan dan menjadi perhatian serius oleh para kepala desa, terkait batas desa masing-masing yang harus diselesaikan. Terkait anggaran yang diperlukan bisa melakukan koordinasi dengan Dinas PMD Kabupaten Banjar.

Sementara terkait COVID-19, Saidi meminta kepada para kades agar jangan lupa untuk tetap dalam penerapan PPKM Mikro di desa masing-masing sebagai  upaya pencegahan melonjaknya kasus tersebut.

Dari 140 kepala desa, 2 diantaranya perempuan, salah satunya Yuliani, Kades Cintapuri. Ia mengatakan siap melakukan yang terbaik bagi desanya seperti yang diarahkan Bupati Banjar. Dalam waktu dekat pembenahan dibidang infrastruktur, seperti  jalan desa dan jalan tani akan dilakukan guna kemudahan masyarakat dalam beraktivitas.

“Selain itu dalam waktu dekat kita juga akan menghidupkan kembali kegiatan PKK-nya,” ujarnya.

Kegiatan pelantikan ini juga dihadiri oleh Wabup Banjar Said Idrus Al Habsyie, Asisten Pemerintahan dan Kesra Masruri, para Camat dan unsur Forkopimda Banjar.