Rohul Raih Juara Lomba Keluarga Teladan Bangga Kencana BKKBN Riau

Rohul - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berhasil meraih Juara 2 Lomba Pangan Aman dan Terbaik 2 Lomba Keluarga Teladan Tahun 2021 tingkat Provinsi Riau dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 tahun 2021 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Riau.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN Provinsi Riau Mardalenawati Yulia kepada Bupati Rohul Sukiman bersama pasangan Dikdoyo dan Painem sebagai Keluarga Teladan asal Desa Kepenuhan Raya, Kepenuhan, di Pendopo Rumdis Bupati, Jumat (2/6).

Bupati Sukiman, dalam sambutannya mengaku bangga karena Rohul dalam dua pekan terakhir meraih prestasi gemilang, yaitu Lomba Pangan Aman dan Bangga Kencana Keluarga Teladan dari BKKBN Provinsi Riau.

Diakui Bupati Sukiman, bahwa ketahanan keluarga dan membentuk keluarga teladan sangatlah penting. Untuk itu, ia berharap dengan adanya program Bangga Kencana bisa memaksimalkan usaha Pemkab Rohul dalam menyukseskan kesejahteraan keluarga dan mencegah kelahiran anak yang tidak sehat sehingga mampu menghasilkan generasi yang hebat.

"Terbaik 2 Lomba Keluarga Teladan ini merupakan Kado dalam rangka Peringatan Harganas Ke XXVIII, kedepannya pelaksanaan Bangga Kencana ini harus dilakukan sinergitas dengan seluruh elemen dan komponen di Rohul dan pihaknya masih berkomitmen dalam menurunkan angka prevalensi stunting hingga angka 14 persen," harap Sukiman.

Sementara itu, Kepala BKKBN Provinsi Riau Mardalenawati Yulia mengatakan, dalam rangka Harganas ke-28, BKKBN Riau melaksanakan berbagai kegiatan dan penilaian termasuk salah satunya lomba keluarga teladan.

"Alhamdulillah Rokan Hulu terpilih Keluarga Teladan terbaik II tingkat Provinsi Riau, ini salah satu indikator penilaian itu kita setelah melalui proses, artinya sesuai dengan program Bangga Kencana," ujarnya.

"Kita harapkan keluarga kita melaksanakan yang namanya delapan fungsi keluarga, yang mulai dari fungsi agamanya, fungsi cinta kasih sayang, fungsi reproduksi, pendidikan ekonomi, pelestarian lingkungan, yang telah melaksanakan delapan fungsi keluarga," jelas Mardalenawati.

Lanjutnya, peran BKKBN sebagai pendamping dan pembinaan kepada Keluarga Teladan dan berharap sebagai virus untuk menyebarkan 8 fungsi keluarga teladan kepada masyarakat disekitarnya, terutama dalam penurunan Stunting di Rokan Hulu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Rohul Sariaman mengucapkan terima kasih kepada Keluarga Dikdoyo dan Painem sebagai Keluarga Teladan terbaik I Kabupaten dan terbaik II tingkat Riau.

"Saya harapkan ini bisa memberikan motivasi untuk keluarga teladan dengan keikutsertaan lomba tingkat Provinsi dan meraih Juara II, ini bisa sebagai motivasi keluarga lain di Rohul untuk ikut program Bangga Kencana ini," harapnya.

Lanjut Sariaman, ikut program Keluarga Bangga Kencana ini bukan hanya belajar dari sisi KB saja, tapi dari sisi ketahanan keluarga dan anak-anaknya yang terdidik, serta bagaimana 1.000 hari pertama kelahiran bisa diberi asupan gizi yang cukup.

"Selain itu, sampai dengan pemberdayaan remaja sampai pemberdayaan lansianya jadi semua mulai dari lahir sampai tua kita diberdayakan oleh keluarga kita," pungkasnya.