Pemkot Palembang Segera Buka Pendaftaran Lelang Jabatan Kepala OPD

Palembang - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, segera membuka pendaftaran lelang jabatan untuk menempati posisi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kosong.

Sekretaris Daerah Ratu Dewa, Senin (5/7), mengatakan proses lelang jabatan di lingkungan Pemkot Palembang saat ini sedang tahap akan dibukanya jadwal pendaftaran yang terbuka se-Sumatera Selatan.

"Para peserta harus mengikuti sejumlah uji kompetensi yang diminta oleh Panitia Seleksi (Pansel) salah satunya dari unsur akademisi dari UNSRI juga UIN, kita sudah mengadakan rapat, sekarang posisinya menunggu pendaftaran," terangnya.

Ratu Dewa menjelaskan, tim Pansel terdiri dari dua tim, yakni khusus berkaitan dengan lelang beberapa jabatan yang kosong dan masuk masa pensiun, dan untuk job fit atau rolling di OPD tertentu.

"Bagi yang ingin menempati posisi sejumlah kepada OPD yang kosong, seperti Dinas Kesehatan (Plt), Kesbangpol (Plt), Desperindag (masuk masa pensiun), Dinas Koperasi dan UMKM (masuk masa Pensiun), Inspektur (masuk masa Pensiun), Maka harus mempersiapkan diri, sebab penilaian juga menggunakan sistem perangkingan (nilai tertinggi)," ujarnya.

Dewa memaparkan jika proses seleksi nanti ada sejumlah tahapan, seperti Forum Group Discussion (FGD), pembuatan makalah dengan jumlah halaman yang ditentukan, pemaparan, dan wawancara. Bahkan, untuk pembuatan makalah Pansel bisa memberikan tema spontan atau tema makalah diberikan saat pendaftaran. Topiknya bisa bersifat umum, pelayanan publik, atau sesuai pilihan OPD masing-masing.

"Pansel akan mengambil nilai tiga besar. Kemudian diserahkan ke walikota untuk ditentukan dari nilai tertinggi. Setelah dari walikota nama-nama pemenang lelang jabatan ini akan dikirim ke KASN dan baru bisa dilantik," jelasnya.

Lelang jabatan ini terbuka untuk umum, dimana ASN se-Sumsel bisa ikut asal memenuhi syarat.

"Terbuka untuk umum, bisa daftar asal penuhi syarat," pungkas Ratu Dewa.