Ketua Dekranasda Tanah Datar Minta Pelaku UMKM Tetap Semangat

Pekanbaru - Pelaku usaha sektor UMKM harus tetap semangat dan tidak boleh berputus asa menyikapi kondisi ekonomi yang menurun dampak pandemi COVID-19.

Hal ini disebutkan Ketua Dekranasda Kabupaten Tanah Datar Lise Eka Putra ketika berkunjung ke Dekranasda Provinsi Riau, Kamis (1/7).

Lise mengatakan, di masa pandemi saat ini, memang berbagai aktivitas masyarakat banyak terganggu begitu juga dengan UMKM dan usaha lainnya, namun tidak semestinya membuat kita berputus asa, dan harus terus berusaha serta bersemangat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Tidak hanya Provinsi Riau, di Sumatera Barat pun sama kondisinya bagaimana UMKM seperti usaha tenun songket, batik yang mana di Tanah Datar juga ada usaha membatik yaitu batik tanah liek juga mengalami kondisi serupa, rendahnya daya beli masyarakat, jika ada yang membeli itu hanya pesanan, kalau tidak ada yang memesan para pekerja tidak akan bekerja," jelasnya.

Lise menyebut di Tanah Datar banyak juga terdapat UMKM yang bergerak di bidang tenun songket dan membatik dengan motif-motif kuno yang kembali diangkat dengan tujuan melestarikan kebudayaan yang berasal dari turun-temurun.

"Di Tanah Datar juga terdapat pusat pelatihan tenun (sentra tenun) guna terus melestarikan tradisi menenun ini yang sudah ratusan tahun lahir di tengah-tengah masyarakat Tanah Datar. Untuk itu kami mengundang Dekranas Riau berkunjung ke Tanh Datar, agar bisa juga menyaksikan langsung, bertukar informasi dan pengalaman dengan pengrajin yang kita bina serta melihat peluang kerjasama," ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Dekranasda Provinsi Riau Leni Marlina mengatakan, di wilayahnya, kegiatan Dekranasda juga baru kembali digiatkan yang sebelumnya sempat vakum, ditambah lagi di masa pandemi COVID-19, dan ini atas inisiasi ketua Dekranasda Provinsi Riau yang baru.

"Kegiatan Dekranasda Provinsi Riau ini juga baru kembali digiatkan dan itu belum semua kegiatan pembinaan yang dapat dilakukan namun kita berharap ini kembali menggeliat dan tetap berupaya bagaimana kegiatan IKM dan UMKM dapat berkembang," ucapnya.