Pemkab Tanah Datar Ajukan Usulan RTLH ke Kementerian PUPR

Pekanbaru - Bupati Tanah Datar Eka Putra dan rombongan melakukan silaturahmi dengan Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III Kementerian PUPR di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (2/7).

Silaturahmi ini sekaligus untuk berkoordinasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya  (BSPS) untuk peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Tanah Datar tahun 2021 dan 2022.

Bupati Eka Putra mengatakan, tahun ini alokasi program BSPS tahap pertama untuk Kabupaten Tanah Datar sebanyak 25 unit, berdasarkan informasi Kepala Balai masih ada tambahan alokasi tahun 2021 untuk Provinsi Sumatera Barat.

"Pada kesempatan ini kami dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga mengusulkan penambahan alokasi program BSPS tahun 2021," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III Zubaidi menyambut baik kunjungan silaturrahmi Bupati Tanah Datar bersama jajaran tersebut dan mendukung usulan Tanah Datar.

Dikatakan Zubaidi, program pada kementerian PUPR terdiri dari program BSPS, Pembangunan Rumah Susun, Pembangunan Rumah Khusus dan Bantuan PSU untuk perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Untuk Program BSPS tahun 2021 direncanakan peletakkan batu pertama program peningkatan kualitas rumah tidak layak huni akan dilakukan oleh Bupati Tanah Datar.

Pada pertemuan tersebut juga diserahkan proposal untuk peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni tahun 2022 melalui program BSPS dan melalui dana Tugas Pembantuan (TP).

Sebagai informasi, saat ini jumlah RTLH di Kabupaten Tanah Datar sebanyak 12.439 unit.