Pemdes Rasau Jaya Satu Kubu Raya Targetkan 1.500 Warga Divaksin

Kubu Raya - Pemerintah Desa Rasau Jaya Satu, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat melaksanakan vaksinasi COVID-19 perdana bagi masyarakat.

Camat Rasau Jaya Sutomo menyampaikan, pihaknya mendukung penuh program Pemkab Kubu Raya, yang sesuai arahan Bupati Muda Mahendrawan ada empat kecamatan diprioritaskan dilakukan vaksinasi, termasuk di Rasau Jaya.

“Setiap puskesmas sudah dijadwalkan pelaksanaan vaksinasinya. Yang mana vaksinasi di Rasau Jaya ini merupakan yang pertama kali dilakukan dengan target sebanyak 1.500 vaksin," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Rasau Jaya Satu Bambang Hermanto mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini pihaknya berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan Kubu Raya melalui Puskesmas Rasau Jaya sebagai tim pelaksana, Polsek Rasau Jaya dan Koramil 07.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari cara kita untuk mensukseskan dan mendukung program pemerintah satu juta vaksin COVID-19. Untuk di Kubu Raya ditargetkan 400 ribu warga akan terima vaksin yang tersebar di sembilan kecamatan. Hermanto menuturkan, untuk di Desa Rasau Jaya Satu ditargetkan sebanyak 1.500 warga divaksin,” katanya di sela memantau pelaksanaan vaksiansi, Senin (6/7).

Sementara itu, Kepala Puskesmas Rasau Jaya Supratman menjelaskan, tujuan dari vaksinasi ini sebagai upaya menekan angka penyebaran COVID-19 di daerah sehingga mempu memberntuk herd immunity (kekebalan kelompok) di masyarakat.

“Kita targetkan minimal 75% warga di kecamatan ini sudah divaksin, jika target itu tercapai, Insya Allah herd Immunity masyarakat di kecamatan Rasau Jaya akan terpenuhi. Meski demikian, protokol kesehatan juga harus tetap diterapkan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dan menanjakan imunitas tubuh,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana mengatakan, pihaknya terus memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi, sehingga masyarakat tidak takut dan ragu lagi untuk disuntik vaksin.

Saat ini, jelasnya, di Kubu Ray  terdapat 1.434 orang yang terkonfirmasi positif. Yang meninggal sudah 46, terutama di Rasau Jaya selama dua minggu dan peningkatannya cukup tajam.

"Saya imbau kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan dan vaksin satu diantara ikhtiar dan usaha kita untuk menekan peningkatan penyebaran COVID-19 dengan tetap menjaga kesehatan, mengkonsumsi vitamin dan menghindari kerumunan. Semoga dengan ikhtiar ini, kita semua selalu dilindungi Allah SWT," harap kapolres.