Dilantik jadi Sekwan, Derek Siap Beri Pelayanan Maksimal kepada Anggota DPRD Jayapura

Sentani - Pascaresmi dilantik sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura, Derek Timotius Wouw sudah memiliki strategi khusus, diantaranya dengan melakukan pembenahan internal di Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura.

Hal tersebut sebagai tugas awal dirinya, usai dilantik sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura, di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani Kabupaten Jayapura, Selasa (29/6).

Derek Timotius Wouw dilantik oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura. Pelantikan yang dilakukan pada Selasa (29/6/2021) lalu, di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, bersamaan dengan 211 pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Jayapura.

Sebelumnya, Derek Timotius Wouw adalah Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Jayapura. Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Distrik Nimboran itu menggantikan Abdul Hamid Toffir yang selama ini menjabat Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura yang dipromosikan ke Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Jayapura.

Usai pelantikan, Derek Timotius Wouw menyatakan siap mengemban tugas barunya. Dirinya akan berupaya untuk mengoptimalkan sumber daya di Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura guna memfasilitasi kinerja pimpinan dan anggota DPRD secara optimal.

"Walaupun secara resmi belum dilakukan serah terima jabatan untuk jabatan sekretaris dewan dari pejabat lama ke pejabat baru. Tetapi, kalau untuk tugas-tugas sebagai sekretaris dewan ini sudah harus kami lakukan. Kalau tugas di Sekwan ini beda dengan OPD lain, karena sifatnya itu kita harus sesuaikan dengan kerja-kerja anggota yang ada," katanya ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (6/7).

"Dikarenakan tugas sekretaris dewan itu adalah bagaimana memberikan dukungan pelayanan terhadap tugas-tugas anggota dewan. Baik, secara administrasi maupun secara langsung harus memberikan dukungan terhadap kerja-kerjanya anggota dewan.

Pembenahan internal Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura akan dilakukan mengawali jabatan yang diembannya usai dilantik sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura.

Pembenahan secara internal, menurut Derek merupakan bentuk strategi serta optimalisasi dalam menjalankan tugas, karena tugas Sekwan dari segi tanggung jawab berbeda dengan OPD lainnya.

"Selain pertanggung jawaban kepada Bupati melalui Sekda, Sekwan juga memiliki pertanggungjawaban pada pimpinan dewan. Ini perlu kerja maksimal sehingga yang saya lakukan adalah pembenahan secara internal dahulu," ujarnya.

Adapun penguatan internal, karena menurutnya agar kekurangan sebelumnya bisa diperbaiki, sehingga dirinya sudah menyusun aturan ketika diberi tugas untuk menjadi Sekretaris Dewan.

"Ketika saya sudah di sini, memang kemarin kami baru selesai rapat staf dan saya bilang jika pekerjaan kita di sini ada tiga hal yang harus menjadi perhatian kita bersama. Pertama, kita harus bisa memberikan pelayanan maksimal terhadap anggota dewan. Kemudian yang kedua itu, di dalam pelayanan itu kita harus tetap berpegang pada regulasi atau kita tertibkan administrasi. Namun lebih dari itu, maka penguatan aparatur juga harus kita lakukan," ucapnya.

Untuk memperbaiki sejumlah kekurangan, langkah awal dirinya akan lakukan pembenahan dari dalam dulu. "Personil ASN-nya kita benahi dulu, aturan tugas kita fokuskan termasuk komunikasi kepada para anggota dewan," ujar pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Distrik Nimbokrang.

"Dengan adanya aparatur yang baik, maka pekerjaan-pekerjaan kita di Setwan juga akan baik. Sehingga pelayanan kita juga akan maksimal kepada anggota dewan," sambung Derek Timotius Wouw yang juga pernah sebagai Plt. Dinas Pertanahan Kabupaten Jayapura tersebut.

Menurutnya, selaku pegawai ia siap ditempatkan di mana pun sesuai arahan pimpinan. Jabatan Sekretaris Dewan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan.

"Ini adalah sebuah kepercayaan kepada saya, selaku pegawai secepatnya saya akan menyesuaikan dengan tugas-tugas yang baru," tuturnya.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya selama dua tahun terakhir ini di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Jayapura.

"Saya ucapkan juga terima kasih kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, para pegawainya terus bekerja sama dalam menyelesaikan tanggung jawab dan program yang ditetapkan," ujar Derek Timotius Wouw.