43 ODP COVID-19 di Sumbawa Barat, 17 Orang Dinyatakan Negatif

Sumbawa Barat - Bupati Sumbawa Barat W. Musyafirin menyebutkan, data hingga Jumat (20/3), terdapat 43 orang yang masuk dalam daftar orang dalam pengawasan (ODP) virus corona (COVID-19). Dari jumlah tersebut, 17 orang telah bebas dan melewati masa inkubasi selama 14 hari dan dinyatakan negatif COVID-19.

"Sementara 26 orang lainnya masih dalam pemantauan dengan kondisi fisik yang fit dan stabil, termasuk 20 mahasiswa yang pulang dari Wuhan, China," jelas bupati saat ditemui di Pelabuhan Poto Tano.

Bupati meminta masyarakat tetap tenang dan tidak termakan isu yang tidak benar atau hoaks di media sosial.

"Ini perlu kita luruskan, ODP bukan orang yang sudah terjangkit, tetapi dia diduga atau baru saja melakukan kunjungan ke daerah-daerah yang terjangkit COVID-19," katanya.

Rata-rata yang masuk dalam ODP ini, tambah bupati, adalah beberapa pejabat yang selesai melakukan perjalanan dinas dan mahasiswa yang pulang ke KSB dan langsung dimasukan dalam daftar ODP.

"Ini keseriusan kita untuk memastikan semua orang yang datang ke KSB itu harus benar-benar sehat, agar penyebaran virus corona dapat dicegah," jelasnya.