Wabup Rohul Tinjau Bimtek dan Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi

Rohul - Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) Indra Gunawan meninjau Bimbingan Teknis dan Uji Sertifikasi Kompetensi Bagi Tenaga Kerja Konstruksi yang digelar oleh Dinas PUPR bekerja sama dengan Balai Material dan Peralatan Konstruksi, Balai Jasa Konstruksi Wilayah 1 Banda Aceh, di Kecamatan Kunto Darussalam, Rabu (7/7).

"Alhamdulillah pada hari ini merupakan pertemuan kedua dalam pelaksanaan pelatihan yang digelar oleh Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu. Jika Senin kemarin telah dibuka pelaksanaannya di Kecamatan Tandun, maka hari ini kita bertemu kembali di Kecamatan Kunto Darussalam," ujar Wabup Indra Gunawan.

Wabup menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu menyambut baik pelaksanaan bimtek ini.

"Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan di seluruh Kecamatan Kabupaten Rokan Hulu dengan harapan membawa ilmu dan pengalaman baru untuk meningkatkan kualitas pembangunan ke depan terhadap daerah," harapnya.

"Tidak bisa kita hindari bahwa realitas dari globalisasi kemajuan akan membawa implikasi bagi pengembangan SDM yang ada. Begitu juga SDM konstruksi karena salah satu tuntutan masa kini adalah kemampuan untuk selalu meningkatkan kapasitas dan kompetensi yang dibuktikan dengan sebuah sertifikasi tentunya juga dibarengi dengan kualitas dan kemampuan yang mumpuni terutama bagi seorang juru hitung kuantitas," sambungnya.

Selanjutnya, Indra Gunawan juga menjelaskan bahwa kegiatan sertifikasi ini sangat penting peranannya untuk mencetak tenaga kerja konstruksi berkualitas dan handal, agar pembangunan infrastruktur yang ada di Rohul dapat berjalan lancar sesuai dengan peraturan dan standarisasi yang berlaku.

Dirinya juga berharap kepada pelaku usaha di bidang jasa konstruksi dapat lebih mengetahui dan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dalam upaya mewujudkan rangkaian proses pekerjaan konstruksi yang berkualitas baik dari awal pekerjaan sampai dengan diserahterimakan nya hasil pekerjaan tersebut, sehingga hasil dari setiap pekerjaan nantinya benar-benar memenuhi standar dan kriteria sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di jasa konstruksi, serta dapat memberikan manfaat besar bagi kepentingan masyarakat di Rokan Hulu.

Kemudian disampaikannya bahwa untuk dapat mengelola infrastruktur dengan baik tentunya diperlukan pula SDM yang berkualitas dan sumber daya manusia konstruksi, karena ini merupakan salah satu faktor kunci dalam mendukung terwujudnya visi dan misi Kabupaten Rokan Hulu dalam membangun desa dan menata kota sehingga dapat terciptanya SDM konstruksi yang berkualitas dan akan dapat memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi dalam persaingan global yang pastinya akan dihadapi kedepan.

"Kami berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu momen penting dan memberikan manfaat yang besar bagi institusi pembina jasa konstruksi daerah kita ini di masa yang akan datang untuk itu kiranya kepada para peserta dan kepala desa agar dapat mengikuti kegiatan yang sangat bermanfaat ini dengan sebaik-baiknya karena perlu kita ketahui bersama bahwasanya sertifikasi bagi tenaga kerja konstruksi ini telah diwajibkan oleh Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi," ujarnya.

Oleh sebab itu, Indra mengimbau kepada semua pihak terkait agar dapat melaksanakan kegiatan ini secara berkesinambungan, dengan harapan ke depan para pekerja konstruksi yang ada di Rokan Hulu benar-benar memenuhi ketentuan yang berlaku.