Kodim Aceh Barat Inisiasi Komsos dengan Aparat Pemerintah Bangun Imunitas

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Husaini menghadiri kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan aparat pemerintah guna meningkatkan sinergitas dalam membangun imunitas bangsa untuk NKRI.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0105/Aceh Barat yang diselenggarakan di Lahan Ketahanan Pangan, Gampong Peunaga Paya, Kecamatan Meureubo, pada Rabu (7/7) pagi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kasiter Korem 012/TU, unsur Forkopimda, Muspika, perwakilan Kemenag Aceh Barat, para camat, geuchik, serta perwakilan BUMG tingkat Kecamatan.

Dalam sambutan bupati yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Barat Husaini menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya komsos dengan aparat pemerintah ini. Menurutnya, kegiatan Ini merupakan langkah positif dalam rangka meningkatkan sinergitas serta komunikasi dengan TNI Angkatan Darat (AD) khususnya terkait dengan masalah keamanan dan ketertiban di Kabupaten Aceh Barat.

"TNI AD mempunyai peran penting dalam membangun Kabupaten Aceh Barat ini guna membantu program pemerintah di berbagai bidang seperti infrastruktur, sosialisasi tentang wawasan kebangsaan serta mendukung terwujudnya program-program Pemerintah Kabupaten Aceh Barat lainnya," ujar Husaini.

Lebih lanjut Husaini juga mengatakan bahwa kegiatan komunikasi sosial ini merupakan sarana yang efektif dalam memelihara dan membangun komunikasi yang sinergis sehingga dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam menghadapi setiap permasalahan yang terjadi di Bumi Teuku Umar.

Husaini menyampaikan bahwa di tengah kondisi pandemi COVID-19, sinergitas antara pemerintah daerah dengan TNI serta seluruh komponen masyarakat lainnya sangat diperlukan, terutama dalam menangkal berita hoaks yang saat ini merebak di media sosial.

"Semoga kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik dan semakin solid guna menghadapi segala ancaman yang muncul yang dapat merusak persatuan dan kesatuan Bangsa. Dengan terjalinnya komunikasi yang baik diharapkan dapat memberikan informasi yang benar kepada masyarakat selama masa pandemi," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Kodim 0105/Aceh Barat Dimar Bahtera menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat (AD) guna mempererat tali silaturahmi serta membangun ikatan komunikasi yang baik antara TNI AD dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan kemajuan di Kabupaten Aceh Barat.

Lebih lanjut, Dimar Bahtera menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk diadakan guna meningkatkan imunitas bangsa yang saat ini sedang mengalami turbulensi diakibatkan oleh pandemi COVID-19 yang melanda seluruh negeri.

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita perlu menumbuhkan imunitas di segala sektor yakni di sektor kesehatan, pertahanan, ekonomi, politik, serta regulasi hukum," ujarnya.

"Untuk itu diperlukan persamaan persepsi serta sinergitas yang baik dari semua pihak khususnya antar para aparat pemerintahan yang ada di Kabupaten Aceh Barat dalam rangka mengantisipasi segala ancaman yang dapat merusak kedaulatan Bangsa," sambungnya.

Ia menegaskan TNI siap mendukung setiap kegiatan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan imunitas Bangsa di tengah pandemi COVID-19.

Lebih lanjut, Dimar mengatakan, saat ini banyak sekali beredar berita hoaks di tengah masyarakat terkait dengan pandemi COVID 19 terutama di media sosial. Oleh sebab itu, ia meminta kepada semua stakholder agar lebih selektif dalam menerima dan menyebarkan segala informasi yang ada guna menjaga kondusifitas di tengah masyarakat.