Buka Rapat Rekonsiliasi, Bupati Aceh Barat Apresiasi Peran BPJS Kesehatan

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS membuka Rapat Rekonsiliasi Iuran Jaminan Kesehatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pemerintah Daerah Januari-Juni 2021 di aula Teuku Umar Bappeda, Kamis (8/7).

Rapat rekonsiliasi ini turut dihadiri oleh sekretaris daerah Kabupaten Aceh Barat, para SKPK terkait, kepala cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Meulaboh beserta jajarannya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aceh Barat Ramli MS menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan merupakan garda terdepan dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat.

"Tugas BPJS Kesehatan tidak mudah karena menyangkut dengan kewibawaan, harkat dan martabat negeri ini," ujarnya.

Untuk itu, Ramli meminta BPJS Kesehatan harus mampu bekerja dengan baik dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat demi memudahkan memperoleh jaminan kesehatan.

Ramli juga meminta kepada BPJS Kesehatan agar selalu mengevaluasi kinerja guna mengetahui hal-hal apa saja yang masih perlu diperbaiki guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Ramli mengatakan, diperlukan koordinasi serta komunikasi yang baik antara BPJS Kesehatan Meulaboh dengan pemerintah daerah guna meningkatkan sinergitas antarlembaga pemerintahan dalam upaya perbaikan terhadap pelayanan kesehatan yang prima.

Lebih lanjut, Ramli MS meminta harus ada perhatian khusus terhadap pendataan penerima Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini. Menurutnya, data yang ada harus bisa dipertanggung jawabkan, karena dengan adanya data yang akurat, maka akan lebih mudah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di Aceh Barat.

Selain itu, Ramli MS juga meminta kepada BPJS Kesehatan Meulaboh untuk turut serta dalam mengkampanyekan, serta memberi dukungan terhadap segala kegiatan sosial kemasyarakatan guna menciptakan kedekatan dengan masyarakat..

"Kita harus selalu menjaga keharmonisan dan  kerja sama yang baik yang selama ini sudah terjalin antara Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dengan BPJS Kesehatan Meulaboh. Semoga terwujud sinergitas yang baik, sehingga pelayanan kesehatan di Aceh Barat bisa semakin baik dan prima," harapnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Meulaboh Mahmul Ahyar menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan data iuran wajib bagi PNS daerah dan pemerintah daerah untuk menghasilkan data dan angka yang akurat demi mewujudkan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat Aceh Barat.

Lebih lanjut, Mahmul menyampaikan bahwa rekonsiliasi ini sebelumnya telah dilakukan melalui pra rekon dengan berkoordinasi dengan semua SKPK di lingkup Pemerintahan Aceh Barat guna memperoleh data dan angka yang akurat di masing-masing instansi.