Mahasiswi Poltekkes Bangga Ikut Sukseskan Vaksinasi di Kediri

Kediri - Sebanyak 60 mahasiswi Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang Kampus IV Prodi Kebidanan Kota Kediri terjun langsung sebagai relawan vaksinasi di puskesmas-puskesmas wilayah Kota Kediri, Jawa Timur.

Fadhila Kusumasari (21), salah satu mahasiswi Poltekkes Kemenkes Malang Kampus IV Kediri mengatakan bahwa dirinya merasa senang bisa menjadi relawan vaksinasi.

"Alhamdulillah saya senang sekaligus bangga bisa ikut andil dalam percepatan vaksinasi COVID-19 di Kota Kediri,” ungkapnya di Kediri, Rabu (7/7).

Meski demikian, ia menyebutkan bahwa dirinya sempat merasa grogi saat bertugas dalam kegiatan vaksinasi untuk yang pertama kali.

"Saya merasa grogi, tapi setelah melihat antusiasme masyarakat yang mengikuti vaksin begitu luar biasa saya menjadi menikmati dan merasa senang,” imbuh wanita yang ditugaskan di Puskesmas Pesantren ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Pepsilia Fransiska (21) yang bertugas di Puskesmas Sukorame. Ia menyebutkan bahwa saat awal sempat merasa grogi, beruntung ia dapat mengatasi rasa groginya tersebut.

“Merasa grogi karena sudah lama tidak melakukan praktik di lapangan, tetapi saya sangat menikmati tugas ini, apalagi saat melihat antusiasme dari masyarakat,” ucap Pepsi.

Sementara itu, Amelia Eka Wardani (20) mengatakan alasan dirinya berkeinginan untuk menjadi salah satu dari tenaga relawan vaksinasi di Kota Kediri.

“Karena saya ingin membantu dan beperan aktif dalam program percepatan vaksinasi di Kota Kediri, setidaknya ini yang dapat saya lakukan sebagai mahasiswi kesehatan untuk negara saya,” ujar Amel.

Amel sangat berharap Kota Kediri dapat dengan segera terbebas dari COVID-19.

Pun begitu juga dengan Nisa Amala Muntasya (20) yang juga berharap supaya pandemi COVID-19 ini bisa segera berlalu.

"Saya sangat berharap semoga angka kasus COVID-19 di Kota Kediri dapat terus ditekan, setidaknya melalui agenda vaksinasi ini target membentu kekebalan kelompok dapat terpenuhi sehingga kita bisa segera terbebas dari pandemi,” ungkap Nisa penuh harap.

Sementara itu, Kepala Program Studi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Malang Kampus IV Kediri Susanti Pratamaningtyas merasa bangga karena para mahasiswinya dengan penuh semangat terjun langsung dalam aksi yang mulia ini.

“Kami (para dosen) merasa sangat terharu dengan semangat para mahasiswi kami, apalagi dimasa seperti ini (pandemi) semangat mereka sungguh luar biasa,” ungkapnya saat ditemui, Kamis (8/7).

Disamping itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua/wali yang telah memberikan izin dan dukungan penuh untuk anak mereka sebagai relawan dalam melakukan aksi yang mulia ini.

“Kami sangat berterima kasih atas izin dan dukungan penuh dari para orang tua/wali,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pesantren 2 Kota Kediri Siti Rahma merespons positif peran dari para relawan mahasiswa yang ikut andil dalam kegiatan vaksinasi di Kota Kediri.

"Peran mereka sangat dibutuhkan sekali, kami merasa sangat terbantu dengan keberadaan para adik-adik kita ini yang sudah bersemangat membantu upaya percepatan vaksinasi di Kota Kediri,” ujarnya.