Pemkab Aceh Barat Kukuhkan Panitia MTQ Tingkat Kabupaten

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Marhaban mengukuhkan panitia pelaksana Musabaqqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXXV tingkat Kabupaten Aceh Barat tahun 2021 yang dilaksanakan di aula Bappeda pada Senin (12/7).

Pengukuhan ini turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Aceh Barat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Barat, para Kepala SKPK dalam lingkup Aceh Barat, panitia pelaksana serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekdakab Aceh Barat Marhaban menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ merupakan salah satu agenda daerah hingga nasional sebagai upaya mensyiarkan islam dalam rangka melahirkan generasi qurani.

"Semoga dengan terlaksana nya MTQ ini dapat meningkatkan ketakwaan serta keimanan kita kepada Allah SWT," ucapnya.

Lebih lanjut Marhaban mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten ini merupakan awal persiapan untuk menyongsong MTQ tingkat Provinsi Aceh. Untuk itu, demi kelancaran kegiatan, pemerintah daerah telah membentuk panitia pelaksana guna mengorganisir segala kebutuhan untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ ini.

Marhaban juga meminta kepada seluruh panitia yang telah dikukuhkan ini untuk membuat perencanaan yang matang mulai dari fasilitas sarana dan prasarana, konsumsi, serta penggunaan anggaran yang efektif dan efisien agar tidak terjadi pemborosan.

Selain itu, Sekda Aceh Barat ini juga menekankan bahwa selama pelaksanaan kegiatan ini harus tetap mengedepankan protokol kesehatan sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus COVID-19 di Kabupaten Aceh Barat.

Marhaban berharap kepada para panitia MTQ untuk selalu melakukan koordinasi serta konsultasi dengan berbagai pihak terkait guna mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini sehingga MTQ tingkat kabupaten ini dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Barat, Muhammad Isa menyampaikan bahwa MTQ tingkat Kabupaten ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah guna melakukan persiapan untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Aceh nantinya.

Ia mengatakan MTQ tingkat kabupaten ini akan dilaksanakan 25-29 Juli 2021 dan akan dipusatkan di beberapa lokasi yang berada di Kecamatan Johan Pahlawan.

:Adapun pesertanya berasal dari 12 kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 478 peserta," paparnya.