Bupati Aceh Barat Minta Apdes Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Program PKK

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS menggelar rapat koordinasi bersama Camat dan Geuchik se-Kecamatan Johan Pahlawan dan Meureubo dalam rangka pelaksanaan pembangunan di gampong tahun 2021 yang diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Barat yang digelar di pendopo Bupati pada Senin (12/7).

Rapat koordinasi ini turut dihadiri Plt Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Barat, Kepala Bappeda Aceh Barat, Kepala TP2D Aceh Barat, Camat Johan Pahlawan, Camat Meureubo, serta para Keuchik dalam lingkup Kecamatan Johan Pahlawan dan Kecamatan Meureubo.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aceh Barat Ramli MS menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan bentuk koordinasi sekaligus konsultasi antara aparatur pemerintahan tingkat gampong, kecamatan, sampai ke tingkat Kabupaten Aceh Barat guna mengevaluasi pelaksanaan pembangunan gampong yang tengah berjalan di tahun ini.

Lebih lanjut Ramli MS mengatakan bahwa baik buruknya suatu pemerintahan sangat ditentukan oleh para aparatur nya yang menggeraklan roda pemerintahan baik di tingkat Kabupaten sampai ke tingkat desa. Untuk itu, para pemangku jabatan harus bekerja dengan penuh tanggung jawab dan profesional dalam rangka memajukan Kabupaten Aceh Barat ini.

"Pemerintah adalah pelayan masyarakat yang dipilih langsung oleh rakyat. Oleh sebab itu, sebagai aparatur pemerintahan, kita harus concern terhadap berbagai aspirasi dari masyarakat. Kewibawaan seorang pemimpin diperoleh apabila berhasil membangun rakyatnya ke arah yang positif dan produktif," paparnya

Lebih lanjut Ramli MS juga menyampaikan bahwa suatu daerah bisa maju tergantung dari pemimpinnya. Sebagai pimpinan sudah seyogyanya untuk menjaga prilaku dan adab selama melaksanakan tugasnya sebagai pemangku jabatan sehingga muncul kewibawaan pemimpin untuk mewujudkan kemaslahatan bagi masyarakat, Bangsa dan Negara

Ramli MS juga menyampaikan bahwa para pemangku jabatan harus mampu mengelola keuangan dengan baik dan transparan agar penggunaan anggaran bisa sesuai dengan aturan yang ada sehingga terhindar dari jeratan hukum.

Selain itu, Bupati Aceh Barat ini juga menegaskan bahwa para aparatur gampong harus melibatkan masyarakat dalam menentukan program pembangunan desa sehingga output pembangunan yang di dapatkan nanti bisa langsung dirasakan oleh rakyat.

"Tujuan pemerintah adalah untuk memperbaiki prilaku masyarakat guna membangun peradaban yang madani. Untuk itu, dalam pengelolaan pemerintahan jangan ada ambisi untuk bisnis ataupun memperkaya diri sendiri," paparnya

Terkait dengan pandemi COVID-19, Ramli MS mangatakan bahwa virus ini memang nyata adanya. Oleh sebab itu, ia meminta kepada seluruh pemangku jabatan baik di tingkat desa sampai ke tingkat kabupaten untuk ikut mengkampanyekan serta mensosialisasikan tentang pentingnya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan kepada masyarakat serta selalu menjaga kesehatan selama masa pandemi COVID-19 ini.

"Untuk menggerakkan perekonomian rakyat di tengah pandemi ini, Ramli MS meminta kepada seluruh aparatur gampong agar dapat menggandeng Tim Penggerak PKK guna membina masyarakat desa dalam menjalankan program-program kegiatan ekonomi kreatif demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa," ucapnya.

"Buatlah rakyat produktif meski sedang dalam masa sulit yang diakibatkan dari dampak pandemi COVID-19 ini," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Saifuddin menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan bentuk koordinasi sekaligus melakukan konsultasi antar aparatur pemerintahan mulai dari tingkat desa sampai ke tingkat Kabupaten bersama Bupati Aceh Barat selaku pimpinan daerah guna mengevaluasi progres perkembangan pembangunan gampong yang sedang berjalan saat ini ujarnya.

Menyikapi masa pandemi COVID-19 yang saat ini masih melanda Aceh Barat, Saifuddin mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan penerapan PPKM Mikro di setiap desa yang ada di Kabupaten Aceh Barat bisa berjalan dengan lancar guna mencegah terjadinya penyebaran virus.

Selain itu, ia juga meminta kepada para geuchik dan aparatur gampong lainnya untuk segera menyelesaikan SPJ pertanggungjawaban keuangan gampong terkait dengan berbagai program kegiatan di tahun 2020 lalu.

"Bangunlah sinergitas yang baik diantara aparatur gampong dan masyarakat sehingga pembangunan gampong dapat terlaksana dengan lancar serta terhindar dari berbagai permasalahan hukum," ucapnya.

Rapat koordinasi ini rencananya akan di gelar mulai 12-17 Juli 2021 dengan menghadirkan seluruh Camat dan Geuchik yang ada di Kabupaten Aceh Barat.