Bupati Aceh Barat Pantau Vaksinasi Massal di Meulaboh

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS melakukan pemantauan langsung terhadap kegiatan vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Bersama dengan unsur Forkopimda di lapangan Teuku Umar Meulaboh, Senin (12/7).

Ramli menyampaikan apresiasi terhadap antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti program vaksinasi massal ini dan program vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah ini bentuk ikhtiar untuk mengatasi wabah COVID-19 di daerah.

"Sebanyak 15.601 orang lansia yang menjadi sasaran mendapatkan vaksinasi di Aceh Barat, dikarenakan lansia sangat rentan terpapar dengan virus COVID-19. Hal ini disebabkan karena imunitasnya yang sudah mulai menurun ujarnya, dan masyarakat yang divaksin jangan pernah merasakan takut apa lagi mempercayai isu-isu 'hoaks' vaksin," sebut Ramli MS.

"Aceh Barat sudah masuk zona oranye, maka dari itu mari sama-sama kita memutuskan penyebaran virus COVID-19 di daerah ini," kata Ramli MS.

"Penyuntikan vaksin ini diberikan secara gratis kepada masyarakat Kabupaten Aceh Barat, untuk itu manfaatkan lah agar kita semua terhindar dari wabah yang mematikan ini," sambungnya.

Ramli berharap kepada tenaga medis jangan menyerah untuk tetap berada di garda terdepan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19, dan juga terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

Dirinya juga mengingatkan pentingnya vaksin ini dalam rangka meningkatkan herd immunity atau kekebalan kelompok di tengah pandemi ini, pemerintah terus berupaya melakukan pemantauan dalam pelaksanaan vaksinasi ini.

"Meski demikian walau sudah divaksin masyarakat jangan lengah, tetap waspada dan terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat," pintanya.

Dalam kesempatan ini Ramli juga tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk mengikuti kegiatan vaksinasi massal ini.

"Waktunya sangat terbatas, untuk itu mari sama-sama kita sukseskan vaksinasi massal ini dalam rangka serbuan vaksin nasional di Kabupaten Aceh Barat hingga 16 Juli mendatang," ujarnya.

"Vaksinasi di Aceh Barat telah mencapai 160.454 lebih, (update per 9 Juli 2021) dosis dan jumlah orang yang akan menerima vaksin ini akan terus bertambah dengan vaksinasi massal seperti hari ini," tutupnya.

Senada dengan bupati, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat Syarifah Junaidah mengatakan, kegiatan vaksinasi massal ini dilaksanakan selama sepekan di lapangan Teuku Umar Meulaboh pada 12-16 Juli. Dirinya mengajak seluruh masyarakat Aceh Barat agar hadir di lokasi yang telah ditentukan untuk divaksin.

"Data per 9 Juli, Pemkab Aceh Barat telah melakukan vaksin sebanyak 160.454 orang yang terdiri dari SDM kesehatan sebanyak 2.811 orang, petugas publik 12.405 orang, lansia 15.601 orang remaja dan umum 129.637 orang. Jumlah ini diharapkan akan terus bertambah dengan vaksinasi massal," harapnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk memutuskan mata rantai perkembangan COVID-19 di daerah. Untuk itu diharapkan partisipasi masyarakat untuk mensukseskan kegiatan vaksinasi ini.