Pemkab Kubu Raya Gelar Vaksinasi Dosis Kedua

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melaksanakan vaksinasi massal COVID-19 dosis kedua di Kantor Bupati Kubu Raya, pada 13-16 Juli 2021.

"Melihat antusiasme masyarakat Kubu Raya yang besar untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19, maka Pak Bupati minta untuk kegiatan ini kembali dilaksanakan di halaman kantor Bupati Kubu Raya. Namun, di tempat lain kita juga menggelar hal yang sama, khususnya di beberapa desa," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 massal di halaman kantor bupati, Selasa (13/7).

Yusran juga mengajak masyarakat mendaftarkan diri dalam program vaksinasi COVID-19 massal dosis kedua ini. Menurutnya, dalam vaksinasi massal tersebut tidak dibatasi untuk usia, karena dibuka untuk umum.

"Caranya, sangat mudah cukup mengisi formulir pendaftaran secara online di link https://bit.ly/vaksinasimassalkuburaya atau mendaftar langsung ke Dinkes Kubu Raya dengan membawa indentitas diri," ajaknya.

Yusran menjelaskan, di tengah lonjakan kasus COVID-19 saat ini, bupati menilai vaksin jadi jalan keluarnya. Sebab, obat memutus mata rantai penyebaran COVID-19, hingga kini belum ditemukan. Ia mengatakan dengan vaksin pertahanan tubuh dipastikan akan menjadi kuat.

"Otomatis saat terinfeksi sekalipun, tidak terlalu parah, dibanding mereka yang belum divaksin. Kami tentu berharap, semua pihak mensukseskan program vaksinasi massal ini agar terjadi kekebalan kelompok hingga 70 persen," kata Yusran.

Ditemui terpisah, Bupati Muda Mahendrawan mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 di Kubu Raya dengan menargetkan sebanyak-banyaknya masyarakat yang divaksin.

"Untuk itu, kita berharap agar ketersediaan vaksin di Kubu Raya bisa terpenuhi, karena melihat antusias masyarakat yang cukup besar untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 ini," tuturnya.

Menurut Muda, masyarakat tidak pelu lagi khawatir terhadap evektivitas vaksin, karena pemerintah telah menjamin keamanan dan kehalalannya. Masyarakat pun diminta satu pemikiran, yakni vaksin berguna untuk melindungi diri kita dan orang lain dari bahaya COVID-19.

"Seperti tagline kita, vaksinku melindungimu, vaksinmu melindungiku. Aku, kamu, kita saling menjaga dari bahaya COVID-19. Tentunya dengan langkah ini, kita optimistis bisa mengejar target 70 persen Herd Immunity (kekebalan kelompok) di daerah ini bisa kita capai," ujarnya.

Kendati sudah divaksin, bupati kembali mengajak masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, potensi terpapar masih mungkin terjadi, meski tidak terlalu parah.

"Saat ini, Pemkab Kubu Raya terus berupaya mempercepat program vaksinasi dan mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan," ujar Muda.

Bupati Muda juga mengimbau masyarakat tak kendor menerapkan prokes saat beraktivitas.

"Apabila, mengalami demam, batuk, dan sakit tenggorokan lebih dari dua hari, diharapkan segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat," imbuhnya.