BPBD Kota Kediri Jemput Pelajar Asal Bandar Kidul Pulang dari Singapura

Kediri - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri melakukan penjemputan pelajar asal Kelurahan Bandar Kidul dari Asrama Haji Sukolilo, Kota Surabaya, Senin (12/7). Pelajar putri berusia 19 tahun ini baru saja pulang dari Singapura untuk menempuh pendidikan.

"Kemarin (12/7), kami kembali melakukan penjemputan warga Kota Kediri, namun bukan pekerja migran, melainkan pelajar yang menempuh pendidikan di Singapura," ungkap Kepala BPBD Kota Kediri Indun Munawaroh, Senin (12/7).

Dijelaskan Indun, saat dijemput pelajar tersebut telah terkonfirmasi negatif, sehingga pihaknya segera mengantarkan ke tempat karantina yang telah disediakan oleh Kelurahan Bandar Kidul, sambil menunggu jadwal tes swab PCR lanjutan.

"Kami langsung serahkan kepada pihak kelurahan untuk fasilitasi karantina bagi yang bersangkutan sebelum nantinya dinyatakan benar-benar boleh untuk pulang ke rumah," pungkas Indun.

Sedangkan, Lurah Bandar Kidul Gayon Sunarko mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan fasilitas selama pelajar ini melaksanakan karantina.

"Yang pasti penjagaan kita lakukan 24 jam, dan setiap penjagaan pasti ada perempuannya karena mengingat yang bersangkutn merupakan pelajar putri," ungkap Gayon Sunarko.

Selain itu, disebutkan Gayon, di tempat karantina juga tersedia toilet dengan sanitasi yang baik, kebutuhan makan dan minum, termasuk fasilitas tempat tidur.

Sementara itu, Koordinator TRC Kelurahan Bandar Kidul Kuntari mengatakan, pelajar yang sedang karantina ini dijadwalkan untuk melaksanakan tes Swab PCR sebelum benar-benar diizinkan untuk pulang.

"Kami koordinasi dengan Puskesmas, insya Allah hari Rabu (14/7) akan dilaksanakan tes, hasilnya keluar Kamis (15/7). Jika dinyatakan negatif maka yang bersangkutan bisa langsung pulang, kalau hasilnya positif akan dipindahkan ke tempat isolasi terpusat Kota Kediri," terang Kuntari.

Sebagai informasi, dari data yang dihimpun BPBD Kota Kediri, hingga Senin (12/7), total PMI termasuk pelajar yang pulang dari luar negeri berjumlah 44 orang yang tersebar di sejumlah kelurahan yang ada di Kota Kediri.