Menkominfo Paparkan Roadmap Digital Indonesia 2021-2024 di Empat Sektor Strategis

Natuna - Pemerintah Indonesia telah mendesign Roadmap Digital Indonesia 2021-2024 di empat sektor strategis yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memaparkan strategi pemerintah dalam meningkatkan konektivitas untuk menjembatani kesenjangan digital diseluruh daerah yang ada di Indonesia.

“Pemerintah ingin memperkuat berbagai sektor di era digital R 4.0, baik dalam digital finansial, perbankan digital, e-commerce, digital tourism, dan UMKM digital. Untuk mewujudkan menuju Indonesia Terkoneksi : semakin digital, semakin sejahtera,” jelas Menteri Johnny dalam Forum Asia Tech x Singapore 2021 – AtxSummit, yang berlangsung virtual dari Jakarta, Selasa (13/7).

Menteri Johnny menambahkan dengan terus dibangunnya infrastruktur BTS memungkinkan para pelaku UMKM Indonesia untuk dapat beralih ke digital onboard. saat ini diperkirakan sudah ada 11 juta UMKM digital Indonesia dan beberapa di antaranya sedang dalam tahap berkembang untuk mendukung perekonomian nasional.

“Kami berharap hingga akhir tahun 2024, setidaknya ada 30 juta UMKM Indonesia yang akan di-onboarding secara digital. Kominfo terus bekerja keras untuk memastikan infrastruktur TIK melalui penyebaran fixed broadband dan mobile broadband untuk memenuhi kebutuhan digital dan menutup kesenjangan digital, membuat semua orang terhubung secara digital, sehingga pembangunan infrastruktur tersebut adil, inklusif dan bermanfaat bagi semua,” ujar Menteri Johnny

Menteri Johnny juga mengatakan keberhasilan transformasi digital bergantung pada kesiapan masyarakat untuk go digital. Kominfo telah menyiapkan beberapa program guna memungkinkan masyarakat Indonesia memasuki ruang digital dengan beragam cara, antara lain melalui Gerakan Literasi Digital yang ditargetkan setidaknya 12,4 juta orang Indonesia setiap tahun, untuk memberikan mereka akses ke pelatihan virtual tentang digital dasar, kurikulum seperti etika digital, keamanan digital, budaya digital, dan keterampilan digital dasar.

“Potensinya besar dan ini kerjanya lintas kementerian dan lembaga. Di sinilah membangun mulai dari yang paling dasar yaitu talenta digital itu sendiri. Kominfo memberikan dukungan yang besar bersama ekosistemnya, termasuk global technology companies, e-commerce kita atau platform digital untuk mengisi pelatihan digital bagi masyarakat tingkat dasar,” paparnya.

Di samping itu, adapula program Digital Leadership Academy untuk mendukung pengembangan kota cerdas dan pembuat kebijakan digital, serta pendiri startup digital. Program talenta digital secara masif ini disiapkan untuk mendukung masyarakat Indonesia go digital dan ambil bagian dalam percepatan transformasi digital Indonesia.

“Kami telah menyiapkan 100 inisiatif utama 2021-2024 yaitu, infrastruktur ICT, e-government, legislasi utama untuk mendukung ruang digital, adopsi teknologi baru di sektor industri, termasuk kesehatan digital, pendidikan digital, media digital, penyiaran digital, e-commerce, digital fintech, digital banking, pariwisata, dan logistik,” papar menkominfo.

Menteri Johnny juga mengapreasiasi forum ATxSG 2021 sebagai upaya berbagi perspektif dan pengalaman negara ASEAN. Bahkan mengharapkan akan menjadi acuan dalam pemajuan transformasi digital di Asia Tenggara.