Satpol PP Kota Kediri Amankan Vaksinasi Massal

Kediri - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kediri, Jawa Timur, mengawal kegiatan vaksinasi massal agar berjalan aman dan kondusif.

Kepala Satpol PP Kota Kediri Eko Lukmono menuturkan bahwa selama ini Satpol PP selalu hadir di dalam kegiatan pengamanan, apalagi pada kegiatan vaksinasi.

"Antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sangat luar biasa. Jangan sampai percepatan vaksinasi untuk menekan angka persebaran Covid-19 di Kota Kediri malah menjadi klaster baru," ujarnya.

Eko menambahkan bahwa jika terdapat masyarakat yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan, Satpol PP tidak menegur dengan arogan.

"Kami di sini untuk mengingatkan masyarakat yang lalai akan protokol kesehatan dengan cara yang humanis. Kita ingatkan dan arahkan baik-baik," imbuhnya.

Menurut Eko, selama berlangsungnya vaksinasi memang terdapat beberapa masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker dengan benar dan tidak menjaga jarak atau berkerumun.

"Tapi setelah kita ingatkan Alhamdulillah mereka menurut," ujarnya.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, selain menertibkan protokol kesehatan, Satpol PP juga bertugas untuk membantu jalannya lalu lintas di sekitar tempat vaksinasi.

"Beberapa tempat vaksinasi berada di dekat jalan besar, seperti di Taman Brantas. Banyaknya masyarakat yang datang bisa menimbulkan kemacetan," terangnya.

"Untuk menghindari hal tersebut, kami terbagi menjadi dua tim. Tim pertama untuk menertibkan prokes dan tim kedua untuk mengatur lalu lintas. Kedua tim ini memiliki tugas yang sama-sama penting untuk kelancaran kegiatan vaksinasi," pungkasnya.