MUI Banjar Jelaskan Cara Sembelih Hewan Kurban

Martapura - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banjar menggelar bimbingan teknis penyembelihan hewan kurban di Aula Sekretariat MUI Kabupaten Banjar, Martapura, Kamis (15/7).

Peserta bimbingan teknis diikuti perwakilan dari MUI Kecamatan se Kabupaten Banjar, pengurus Masjid dan Musala di Kecamatan Martapura, pengurus Madrasah dan Pondok Pesantren di Martapura, serta lima orang penjagal hewan kurban.

Para peserta sangat antusias menyimak penjelasan narasumber bimbingan teknis yang disampaikan KH Khatim Salman. Mantan Wakil Bupati Banjar satu periode itu menyampaikan sejarah, hukum berkurban, rukun dan syarat kurban serta bagaimana layak panitia ibadah kurban.

Menariknya, bimbingan teknis itu tidak hanya teori saja. Ada praktik dan contoh tata cara menyembelih hewan kurban secara syariah.

Dua ekor kambing dijadikan bahan praktek tata cara menyembelih hewan kurban yang halal dan sehat dibimbing KH Khatim Salman di halaman Sekretariat MUI Kabupaten Banjar.

Ketua MUI Kabupaten Banjar KH Muhammad Husin mengatakan bimbingan teknis penyenbelihan hewan kurban agar dalam pelaksanaan ibadah kurban sesuai dengan tata cara Islam.

Selain itu, peserta mendapatkan pengetahuan dan sertifikat dari MUI Kabupaten Banjar bahwa yang bersangkutan dinyatakan layak melalsanakan proses penyenbelihan hewan kurban.

Dalam kesempatan itu, Dinas Peternakan Kabupaten Banjar memberikan imbauan agar dalam pelaksanaan ibadah Kurban, panitia pelaksana berkoordinasi dengan Pemerintah untuk memmastikan hewan tidak mengandung penyakit dan daging kurbannya aman dikonsumsi masyarakat.

"Biasanya hewan kurban yang berpenyakit itu ada cacing hidup di daging yang disembelih. Itu yang memeriksa dokter hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten Banjar," katanya.

Sementara itu, Ketua Tanfiziah Nahdatul Ulama Kabupaten Banjar, Nuryadi menyambut baik bimbingan teknis cara menyembelih hewan kurban. Banyak manfaat acara yang dilaksanakan MUI Kabupaten Banjar, menambah wawasan panitia ibadah kurban, sejarah, syarat dan rukun ibadah kurban serta etika paniria ibadah kurban," katanya.

Nahdatul Ulama Kabupaten Banjar akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban di halaman Gedung Nahdatul Ulama Kabupaten Banjar. Data sementara sudah siap delapan ekor sapi dan dua ekor kambing," katanya.