Pemkab Tulang Bawang Gelar Rapat Penanganan COVID-19 Bersama Forkopimda

Tulang Bawang - Bupati Tulang Bawang, Provinsi Lampung, Winarti melakukan rapat penanganan khusus COVID-19 bersama Forkopimda, di Gedung Serbaguna (GSG) Menggala, Kamis (15/7).

Bupati Winarti, dalam arahannya mengatakan, Tulang bawang saat ini berada di zona oranye yang artinya penularan COVID-19 cukup tinggi. Ia menjelaskan, Kecamatan Menggala masuk ke oranye dan yang lainnya kuning, serta hijau.

Winarti merinci, per 14 Juli 2021 kasus COVID-19 di Tulang Bawang sebanyak 371, isolasi 13 orang, sembuh 33 orang, dan meninggal 27 orang

"Harapannya yang sudah divaksin kedepan 31.467 orang dari saat ini yang terealisasi 8,5%," jelasnya.

Sementara itu tambah Winarti, shalat Idul Adha 1442 H/2021 M diadakan di lapangan terbuka atau di masjid/mushala, dan untuk daerah zona merah dan oranye diimbau untuk shalat di rumah.

Sedangkan penyembelihan hewan kurban berlangsung tiga hari, yaitu 11, 12 dan 13 Dzulhijjah untuk menghindari kerumunan. Pemotongan hewan kurban disarankan dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R). Bila terbatas maka dapat dilakukan di luar RPH-R dengan protokol kesehatan yang ketat.

Bupati Winarti menambahkan, untuk pelaksanaan hajatan, resepsi pernikahan ditiadakan, dan hanya diperbolehkan pelaksanaan akad nikah saja mulai 14-28 Juli 2021. Sementara untuk pembelajaran tatap muka belum diizinkan.

Dirinya juga berharap bantuan agar sosialisasi isolasi mandiri dipercepat, hal ini merupakan strategi untuk mempercepat penurunan kasus COVID-19, dan menyatukan suara sehingga semua dapat membantu dalam penanganannya.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulang Bawang Anthoni, serta seluruh Forkopimda, asisten I, kepala BPKAD, kepala Dinas Kesehatan, kepala BPBD, Bappeda, kabag Kesra, sekretaris Kominfo, dan kadis PMK.