339 Calon Mahasiswa Terima Bantuan Pendidikan Baznas Tanah Datar

Batusangkar - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar menyalurkan bantuan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berhasil masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021.

Bantuan pendidikan senilai Rp708 juta ini diserahkan kepada 339 calon mahasiswa asal Tanah Datar yang berhasil masuk PTN yang ada di seluruh Indonesia dengan melalui jalur SNMPTN di aula Kantor Camat Lima Kaum, beberapa waktu lalu.

Ketua Baznas Kabupaten Tanah Datar Yasmansyah menyebutkan, bantuan biaya pendidikan ini diserahkan setelah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh Baznas kabupaten Tanah Datar sejak bulan April lalu, dan besarnya bantuan diberikan maksimal sebesar Rp5 juta.

"Apabila ada calon mahasiswa yang UKT-nya melebihi Rp5 juta, maka bantuannya tetap. Sementara yang UKT-nya kurang dari Rp5 juta maka bantuan yang diberikan sebesar Rp1,5 juta. Artinya bantuan maksimal pendidikan ini memang diberikan paling tinggi sebesar Rp5 juta," ujar Yasmansyah.

Dikatakannya, untuk mendukung visi dan misi bupati dan wakil bupati dalam rangka mewujudkan Tanah Datar madani, maka pada Agustus mendatang Baznas juga akan meluncurkan bantuan pendidikan untuk keluarga yang kurang mampu bagi siswa mulai tingkat SD, SMP dan SMA.

Yasmansyah juga menyebutkan, selain program bantuan biaya pendidikan Baznas Tanah Datar juga akan segera meluncurkan program yang diberi nama Bantuan Mikro Desa (BMD).

"Program BMD ini akan segera kami luncurkan guna membantu pemerintah daerah dalam memberantas rentenir di Tanah Datar," terang Yasmansyah.

Tidak hanya itu, tambahnya, Baznas Tanah Datar pada tahun 2021 ini memiliki program rehab rumah bagi keluarga miskin yang rencananya Baznas akan memberikan bantuan rehab rumah sebanyak tiga unit per kecamatan.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Baznas Kabupaten Tanah Datar atas segala ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang diberikan dalam menumbuhkembangkan dunia pendidikan di Kabupaten Tanah Datar.

"Semoga segala ikhtiar kita untuk memajukan dunia pendidikan menjadi semakin berkualitas dan akses pendidikan bagi masyarakat secara keseluruhan semakin terbuka dan dapat segera terwujud," ujar Riswandi.

Riswandi juga mengatakan bahwa untuk memajukan pendidikan bagi masyarakat, Pemerintah Daerah sudah bertekad membantu biaya masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bagi siswa dari keluarga tidak mampu dengan program Gerakan Pembangunan Masyarakat Cerdas (Gerbang Cerdas).

"Pemerintah daerah sangat berkeinginan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Tanah Datar. Komitmen kita jelas, tidak ada anak Tanah Datar yang gagal masuk PTN karena alasan biaya, dan Alhamdulillah Baznas Tanah Datar hari ini mengambil kebijakan tersebut dan pemerintah daerah tentu juga menyalurkan bantuan.  Program ini kita yakini tidak hanya sekedar membantu tetapi bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat nantinya," ujar Riswandi.

Dikatakannya bahwa momen penyaluran zakat di bidang pendidikan oleh Baznas ini bukan hanya untuk memastikan bahwa setiap dana yang terkumpul oleh Baznas Tanah Datar tersalurkan dengan baik. Namun juga untuk merefleksikan tentang beragam upaya yang telah dan sedang dilakukan dalam menjalankan berbagai program untuk memajukan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Tanah Datar, khususnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi masyarakat kurang mampu.

"Untuk anak-anak kita yang masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui Jalur SNMPTN akan kita bantu melalui bantuan sosial Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sebelum kegiatan perkuliahan dimulai. Dan kita beruntung memiliki Baznas yang serius mengelola zakat di Tanah Datar tidak hanya di bidang pendidikan tetapi di bidang-bidang yang lain, ekonomi, agama, kesehatan dan kemanusiaan. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya mengajak seluruh kalangan baik ASN atau pun swasta untuk terus mendukung program Baznas dengan mempercayakan zakat, infak dan sedekahnya ke Baznas Tanah Datar dan bersama-sama bahu membahu untuk mendukung serta mengawasi agar Baznas senantiasa istiqomah dalam mengelola zakat," tambahnya.

Di akhir sambutannya, Riswandi juga mengucapkan selamat selamat kepada semua mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus seleksi dan berhak menerima bantuan biaya melanjutkan pendidikan ke PTN tahun 2021 jalur mahasiswa undangan.

"Gunakanlah bantuan biaya pendidikan ini dengan sebaik-sebaiknya dan jangan lupa doakan, orang yang berzakat serta Baznas Tanah Datar senantiasa bisa istiqomah dijalan Allah dan memajukan Tanah Datar," pesan Bupati yang disampaikan oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi.

Pada kesempatan ini juga hadir Kakan Kemenag Tanah Datar Syahrul, Camat Lima Kaum Hendra Setyawan beserta Forkompimca, Kepala Cabang Bank Nagari Syariah Tanah Datar Dewi Purnama, dan undangan lainnya.