Wagub Sumbar Siapkan BBI Rambatan Jadi Minang Science Technopark

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Datar, Kamis (15/7). Kunjungan lapangan ini, rombongan disambut Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi kepala perangkat daerah terkait.

Sementara Wagub Audy didampingi Kepala Balitbang Reti Wafda, Kadis Kesehatan Arry Yuswandi, Kadis SDA dan Bina Konstruksi Rifda, Kadis Cipta Karya Fathol Bari, Kadis Pariwisata Novrial dan Kadis Pertanian, Pangan dan Hortikultura Syafrizal.

Rangkaian kegiatan Wagub Audy di Tanah Datar di antaranya meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Batipuh 1, mengunjungi Balai Benih Ikan (BBI) di Balimbing Kecamatan Rambatan, Bendungan Irigasi Batang Selo di Tanjung Emas, menyerahkan bantuan satu unit ventilator untuk RSUD MA Hanafiah Batusangkar, serta penyerahan bantuan masker untuk siswa di SD 06, 09 dan 16 Baringin Batusangkar.

Saat di BBI Rambatan yang berada di bawah pengawasan pemerintah provinsi ini, Wagub Audy mengatakan rencana pemanfaatan BBI ke depannya.

“Balai Benih ini tidak termanfaatkan secara maksimal, rencananya dengan Balitbang dan dukungan Bupati Tanah Datar akan dibuat Minang Science Technopark,” ujar Wagub Audy.

“Tekhnopark adalah pengembangan teknologi dan akan dikhususkan di bidang pertanian, sektor hilirisasi. Dan seperti penyampaian tadi, ketersediaan air yang kurang, namun melihat kondisi langsung di lapangan, saya rasa air tidak masalah karena di sekitar lokasi ini ketersediaan air cukup. Saya meminta kepada Balitbang untuk (dibuatkan) blueprintnya. Dan perlu ditambahkan Technopart ini disamping pengembangan teknologi juga menjadi sarana edukasi teknologi bagi siswa SD ataupun SMP,” terang Wagub Audy.

Untuk peninjauan Irigasi di Batang Selo, Wagub Audy katakan pemerintah provinsi akan bantu perbaikan pada titik-titik yang longsor.

Sementara itu, Bupati Eka Putra menyambut baik kunjungan wagub bersama rombongan di Tanah Datar.

“Kami pemerintah daerah dan masyarakat merasa terhormat dan senang kedatangan pak Wagub, kedatangan ini untuk meninjau langsung sekaligus membawa program terutama dalam bidang teknologi, dan saya bersama jajaran, siap mendukung ke depan,” ungkap bupati.

Bupati mengatakan adanya program-program provinsi di Tanah Datar, pemerintah daerah sangat terbantu.

“Kami berterima kasih karena kami sangat terbantu dengan program-program yang dibawa ke Tanah Datar, ini sangat berarti mengingat keterbatasan APBD Kabupaten apalagi ditambah adanya refocusing anggaran,” ujarnya.

Usai peninjauan lapangan, dilakukan sesi diskusi rencana pembangunan di Tanah Datar di Gedung Indo Jolito. Dalam kesempatan itu Bupati Eka Putra juga didampingi Wakil Bupati Richi Aprian.