Bupati Banjar Ikuti Pembekalan Kepemimpinan dari Kemendagri

Martapura - Bupati Banjar Saidi Mansyur mengikuti kegiatan Pembekalan Kepemimpinan Dalam Negeri  Angkatan I–VI Gelombang 1 dan 2 secara virtual di Command Center Manis, Jumat (16/7).

Kegiatan pembekalan )pemimpinan tersebut diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) . Turut mendampingi bupati Banjar, Kepala BKDPSDM Rahmat Dani, Kepala Bappedalitbang Galuh Tantri Narindra, serta kabag Pemerintahan.

Dalam Rencana Aksi Sumber Daya Manusia Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Bupati Banjar Saidi Mansyur memaparkan yang menjadi tujuan adalah untuk menunjang penyelenggaraan pemerintahan agar tercapai visi misi Kabupaten Banjar Maju Mandiri dan Agamis. Sehingga terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang amanah, baik, bersih dan efektif, serta mewujudkan janji politik pihaknya dan wakil bupati.

”Setelah dianalisis dengan metode SWOT, ada empat rumusan isu strategis yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yaitu melaksanakan pengembangan sumber daya manusia untuk mengatasi kesenjangan kompetensi, dampak COVID-19 menyebabkan refocusing anggaran, adanya kebijakan penyederhanaan birokrasi serta perkembangan teknologi informasi dalam pengembangan sumber daya manusia. Berdasarkan rumusan isu strategis tersebut Pemerintah Kabupaten Banjar menyusun Rencana Aksi Pengembangan Sumber Daya Manusia,” paparnya.

”Untuk tahun 2022 kegiatan pengembangan kompetensi teknis, anggaran terbesar ada pada bidang kesehatan dan pendidikan. Kebijakan mengalokasikan anggaran pada kedua bidang ini dalam rangka memenuhi janji politik kami pada Pilkada tahun 2020 kemarin, yang akan dituangkan kedalam dokumen RPJMD Kabupaten Banjar periode tahun 2021-2026,” tambahnya.

Diharapkan Dokumen Rencana Aksi ini dijadikan panduan dalam pengembangan kompetensi ASN di Kabupaten Banjar yang harus dipedomani oleh seluruh perangkat daerah.