Antisipasi Kerumuman, RSUD Gambiran Kediri Pindahkan Lokasi Vaksinasi di Ruang Terbuka

Kediri - Tingginya antusiasme masyarakat Kota Kediri untuk mengikuti vaksinasi, membuat RSUD Gambiran, Kota Kediri, Jawa Timur, mengambil kebijakan memindahkan lokasi kegiatan. Awalnya, vaksinasi dilakukan  di ruang rapat lantai 4 lalu kemudian bergeser ke ruang terbuka di halaman depan RSUD Gambiran, Jumat (16/7). Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi kerumunan didalam ruangan.

"Antusiasme masyarakat Kota Kediri untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi, jadi untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan kami memindahkan lokasi vaksin ini di outdoor," Wakil Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri dr I Nengah Gangga.

Meski demikian, jelasnya, pengamanan terhadap jalannya vaksinasi juga dilakukan dengan tertib sejalan protokol kesehatan COVID-19.

"Tentu pengamanan dan ketertiban protokol kesehatan selama jalannya vaksinasi tetap kami tegakkan dengan maksimal," ujar Gangga.

Gangga menyebutkan, RSUD Gambiran setiap harinya menyuntikkan vaksin sedikitnya 400 dosis. Sementara pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan lima hari dalam sepekan mulai Senin hingga Jumat.

"Data peserta vaksin kami peroleh dari pendaftaran para masyarakat melalui tautan yang dibuat oleh Dinas Kesehatan Kota Kediri," terang Gangga.

Selain untuk mengurangi kerumunan di dalam ruangan, Gangga juga menjelaskan bahwa rencananya lantai 4 akan dialih fungsikan sebagai tempat isolasi COVID-19.

"Rencananya lokasi vaksinasi yang lama (lantai 4) akan kami manfaatkan untuk ruang isolasi COVID-19," pungkasnya.

Sementara itu ditemui di lokasi vaksinasi, Hafidzatuz Zuryatin, salah seorang peserta vaksinasi mengatakan bahwa program ini sangat penting.

"Sangat penting, selain untuk kesehatan kita sendiri juga menjaga kesehatan orang lain juga," ungkapnya.