Dinsos Kota Kediri Kembali Salurkan Sembako Plus kepada Warga Isoman

Kediri - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur melalui Dinas Sosial kembali membagikan bantuan sosial (bansos) kepada warga isolasi mandiri, Jumat (16/7).

Bantuan yang rutin disalurkan sejak awal pandemi COVID-19 pada tahun 2020 tersebut senilai Rp500.000 yang diserahkan dalam bentuk kebutuhan pokok dan masker. Paket tersebut terdiri dari 20 kg beras premium, 3 kg telur, 4 liter minyak goreng, 4 kaleng sarden, 2 botol kecap manis, serta 2 kotak masker.

“Kalau kita melarang masyarakat untuk keluar rumah, maka kita harus mencukupi kebutuhan dasar pangan mereka. Oleh karena itu tujuan diberikannya bansos ini untuk mencukupi kebutuhan dasar pangan mereka selama kurang lebih dua pekan," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto.

Total 96 paket sembako plus tersebut disalurkan di 18 kelurahan, meliputi Kelurahan Bandar Lor 11 paket, Kelurahan Ngampel 9 paket, Kelurahan Mrican 8 paket, Kelurahan Sukorame 4 paket, Kelurahan Campurejo 3 paket, Kelurahan Lirboyo 3 paket, Kelurahan Jagalan 3 paket, Kelurahan Setonogedong 2 paket, Kelurahan Ngronggo 9 paket, Kelurahan Rejomulyo 2 paket, Kelurahan Dandangan 4 paket, Kelurahan Kaliombo 4 paket, Kelurahan Blabak 3 paket, Kelurahan Tempurejo 2 paket, Kelurahan Banaran 3 paket, Kelurahan Betet 8 paket, Kelurahan Bangsal 17 paket, serta Kelurahan Pesantren 1 paket.

Lebih lanjut, Kutut menjelaskan bahwa bagi pasien yang tengah menjalankan isoman di RS maka keluarga di rumah akan diberikan bansos. Penyaluran bansos dilakukan berdasarkan KK.

“Jadi satu paket sembako plus untuk satu KK, dengan catatan dalam pengawasan kelurahan dan RT jika warga yang bersangkutan benar-benar melakukan isoman supaya tidak menular ke masyarakat lain,” imbuhnya.

“Proses penerimaan bantuan ini cukup mudah, yakni warga yang positif COVID-19 dapat melapor ke RT kemudian mengajukan permohonan ke kelurahan dengan melampirkan fotokopi KTP, KK, dan hasil swab positif," sambungn Kutut.

Agar tepat sasaran, jelas Kutut, bantuan tersebut dikirimkan ke lokasi sasaran disertai dengan berita acara serah terima barang dan tanda terima dari kelurahan yang ditandatangani penerima bansos. Peran tiga pilar, yakni Linmas, RT, dan RW pun sangat penting dalam pendistribusian paket bantuan ini.

Imam Mustofa, warga RT 2 RW 5, Kelurahan Ngronggo yang tengah melaksanakan isolasi mandiri mengucapkan terima kasih atas bantuan sembako tersebut.