Bupati Banjar Izinkan Shalat Idul Adha di Masjid dengan Prokes Ketat

Martapura - Bupati Banjar Saidi Mansyur mengizinkan pelaksanaan shalat Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi di masjid dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Hal ini disampaikan Saidi Mansyur, usai memimpin rapat koordinasi bersama SKLD lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Senin (19/7).

Bupati Banjar, dalam arahannya juga meminta stakeholder terkait untuk terus monitoring protokol kesehatan, termasuk pada pelaksanaan shalat Idul Adha.

“Kita sudah sampaikan ke rekan-rekan Satgas COVID-19 , pelaksanaan ibadah pada Hari Raya Idul Adha tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan," jelasnya.

Pemkab Banjar, lanjut bupato, menginformasikan melalui Dinas Kominfo dan seluruh stakeholder untuk menyampaikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah shalat Id

Saidi juga meminta agar mushala bisa menggelar shalat Id. Diharapkan dengan banyaknya tempat menggelar shalat Id akan menghindari penumpukan jemaah.

Meski begitu, bupati Banjar tetap mengimbau masyarakat terus memperketat diri memperhatikan dengan benar protokol kesehatan sebagai ikhtiar pencegahan COVID-19.

Dirinya juga berpesam  agar masyaralat menyemarakkan Idul adha dengan membaca Al-Qur’an untuk lebih mendekatkan diri dengan Illahi.

Semarak kegiatan keagamaan akan dimulai dari SKPD sebagai percontohan.  Selain itu juga Pemkab Banjar melaksanakan persiapan ibadah kurban sebanyak 6 ekor sapi yang akan dilaksanakan pada H+1 Idul Adha.