Bupati Kubu Raya Serahkan 21 Hewan Kurban ke Sembilan Kecamatan

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat menyalurkan 19 ekor hewan kurban sapi dan 2 ekor kambing bagi masyarakat di sejumlah masjid yang tersebar di sembilan kecamatan. Penyaluran hewan kurban ini diserahkan langsung Bupati Muda Mahendrawan kepada perwakilan pengurus masjid dan perwakilan di masing-masing kecamatan.

"Untuk tahun ini, sebanyakal 15 hewan kurban dari pemkab Kubu Raya yang kami salurkan ke masyarakat yang terdiri dari 13 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Sedangkan 6 ekor sapi lainnya merupakan hewan kurban bantuan dari Presiden Joko Widodo 1 ekor, CSR PT. MAR 1 ekor dan 4 ekor sapi lainnya dari Gubernur Kalbar Sutarmidji," kata Bupati Muda Mahendrawan usai menyerahkan hewan kurban kepada perwakilan pengurus masjid dan perwakilan masing-masing kecamatan di halaman kantor bupati, Senin (19/7) pagi.

Muda menyampaikan, penyaluran bantuan sapi dari Presiden Joko Widodo ini yang memiliki berat 923 kg kita serahkan kepada pengurus masjid Nur Ilahi Sungai Kakap yang diterima sekretaris Camat Sungai Kakap Asy’ari, sedangkan penyaluran sapi kurban dari Gubernur Kalbar diserahkan kepada Pengurus Masjid Al-Fatwa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya.

“Untuk penyaluran sapi kurban dari Bupati Kubu Raya diserahkan kepada pengurus masjid Baitul Rahim Parit Sri Utara Baru Desa Punggur Besar, Kecamatan Sungai Kakap," tambahnya.

Muda menuturkan, dalam memperingati HUT ke-14 Pemkab Kubu Raya juga menyalurkan ratusan bantuan paket sembako kepada Panti Asuhan Al-Barokah Desa Sungai Asam, Kecamatan Sungai Raya dan Panti Asuhan Jihadul Fitrah.

“Penyaluran bantuan ini hanya yang bersifat simbolis saja, karena banyak program yang sudah dijalankan untuk membantu warga yang terdampak COVID-19, baik bagi komunitas pendidikan maupun pondok pesantren. Untuk program bagi komunitas pendidikan dan pondok pesantren ini saat ini masih terus berjalan sesuai program dari kementerian dan kita akan menyesuaikan situasinya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Kubu Raya Wasilun mengatakan, sapi kurban ini kita sebarkan ke seluruh kecamatan dan masjid-masjid yang membutuhkan seperti di Masjid Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya.

“Untuk menentukan kesehatan dan kelayakan hewan kurban menjadi tanggung jawab Dinas Pertenakan dan kami sudah serahkan kepada instansi terkait. Insya Allah semua hewan kurban yang kita serahkan ini sudah melalui uji kelayakan, sehingga semua hewan kurban bagi warga dan pengurus masjid ini sudah layak untuk dikurbankan," jelasnya.