Penyembelihan Hewan Kurban di Islamic Center Rohul Digelar Rabu

Rohul – Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban Idul Adha 1442 Hijriah di Masjid Islamic Center, Senin (19/7).

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Rohul CH Agung Nugroho mengatakan bahwa telah dibentuk tim pemeriksaan kesehatan hewan kurban untuk penyembelihan yang akan dilaksanakan pada Rabu (21/7).

“Pembentukan tim pemeriksaan hewan kurban ini sesuai SK dengan Nomor :KPTS/DISNAKBUN-UPK/2021, dan hari ini mereka sudah mulai bekerja untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban,” ujar Agung.

Diakuinya, dari pemeriksaan kesehatan hewan kurban oleh tim, seluruh hewan kurban yang ada di Masjid Islamic Center diketahui dalam keadaan sehat tanpa ada penyakit satupun.

“Untuk kesehatan, secara keseluruhan semuanya sehat dan sudah bisa untuk disembelih pada Rabu (21/7),” kata Agung.

Agung menambahkan, dari pemeriksaan kesehatan hewan kurban, diketahui juga bahwa seluruh Sapi yang akan disembelih di Islamic Center Pasir Pengaraian tidak terpapar virus Jembrana.

“Tidak ada yang terpapar virus Jembrana, karena virus ini hanya bisa terpapar oleh sapi Bali saja, sehingga tidak dapat menular ke sapi lain apalagi ke manusia,” ujarnya.

Ketika ditanya terkait gejala apa saja yang diderita oleh Sapi pengidap penyakit Jembrana, Agung menjelaskan bahwa Sapi yang telah tertular virus Jembrana dapat dilihat secara kasat mata, mulai dari air liur yang berlebihan hingga bercak-bercak merah di leher dan paha.

“Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, secara fisik maupun kasat mata, semuanya sehat,” tutup Agung.

Sementara itu, Kabag Kesra Rohul Umzakirman mengungkapkan bahwa jumlah hewan kurban di Masjid Islamic Center pada Idul Adha 1442 H/2021 Masehi sebanyak 72 ekor sapi.

“Hewan kurban dari 28 OPD Pemkab Rohul tahun ini terkumpul sebanyak 70 ekor sapi, satu ekor dari Bank Riau Kepri dan satu ekor lagi dari Bupati Rohul Sukiman dengan bobot 150 kg,” jelasnya.

Rencananya dari keseluruhan hewan kurban yang ada, 44 ekor sapi akan didistribusikan ke kecamatan dan desa yang ada di Rokan Hulu.

“44 ekor untuk disebarkan ke masjid-masjid yang ada di Rokan Hulu, sedangkan selebihnya akan disembelih di Islamic Center pada Rabu (21/7), tepatnya pukul 08.00 WIB,” ujarnya.