Bupati Rohul Ikuti Rakor Penyaluran Bantuan Beras Bersama Gubernur Riau

Rohul – Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Rohul mengikuti rapat koordinasi dengan Gubernur Riau Syamsuar terkait penyaluran bantuan beras saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara virtual, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul, Senin (19/7).

Turut mendampingi Bupati Sukiman, Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, Kajari Rohul Pri Wijeksono, Kepala Dinas Sosial dan P3A Rohul Sri Mulyati, Kadis DPMPD Rohul Margono dan kepala OPD lainnya.

Sementara dari Pemerintahan Provinsi Riau turut dihadiri Wakil Gubernur Edy Natar Nasution, Kajati Riau Jaja Subagja, Danrem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed, Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, dan Forkopimda Riau Serta dihadiri oleh Kepala Perum Bulog Kanwil Riau Kepri Bachtiar dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Farid Firman.

Dalam rakor itu, Kepala Perum Bulog Kanwil Riau Kepri Bachtiar mengatakan bahwa bantuan beras saat PPKM merupakan program nasional dari Presiden dan sudah dimulai pendistribusiannya pada tanggal 18 Juli 2021. Dengan tujuan program ini untuk mengurangi pengeluaran masyarakat selama masa pandemi COVID-19, Bachtiar menjelaskan, jumlah beras yang diterima oleh masing-masing kabupaten/kota. Pemerintah Provinsi Riau juga menyediakan cadangan beras yang disimpan digudang Bulog sebanyak 200 ton dan untuk kabupaten/kota sebanyak 100 ton.

Tambahan bantuan beras PPKM 2021, menyusul penyerahan data dari Kementerian Sosial. Perum Bulog Kanwil Riau Kepri menyalurkan bantuan sebanyak 3.156.230 kg beras untuk 315.623 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baik KPM Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) maupun KPM Bantuan Sosial Tunai (KPM-BST) yang ada di Provinsi Riau.

Menurut Bachtiar, sebanyak 149.602 KPM-PKH di Riau akan menerima bantuan program untuk warga yang terdampak kebijakan pemberlakuan pengetatan kegiatan masyarakat (PPKM) tersebut. Sedangkan total KPM-BST yang akan menerima sebanyak 166.021 orang, sehingga total KPM penerima bantuan program beras itu sebanyak 315.623 orang dan total beras yang dibagikan sebanyak 3.156.230.

Sebagai informasi, Kabupaten Rokan Hulu mendapat bantuan beras saat PPKM sebanyak 18.779 ton, dengan rincian untuk Keluarga Penerima Manfaat-Program Keluarga Harapan 11.885 ton dan keluarga penerima manfaat 6.894 ton.