Bupati Mabar Serahkan Hewan Kurban di Lembor Selatan

Labuan Bajo - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur, menyerahkan hewan kurban kepada empat masjid di empat desa.

Penyerahan hewan kurban berupa satu ekor sapi oleh Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dilakukan di Masjid Al-Mutaqin Kampung Palis, Desa Nangga Lili, Kecamatan Lembor Selatan, dengan didampingi Kepala Dinas Peternakan Maria N. Asmon, camat bersama Muspicam Lembor Selatan, staf bagian Kesra Setda, Selasa (20/7).

Ketua Panitia Idul Adha Masjid Al Mutaqin, Desa Persiapan Wae Jamal Nangalili Hamsidin di hadapan Bupati Edi Endi, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, khususnya bupati karena telah hadir di Masjid Al Mutaqin Palis saat perayaan Hari Raya Idul Adha.

"Baru kali ini bupati hadir di tempat ini," ujar Hamsidin.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengungkapkan, setelah dirinya dilantik pada 26 Februari lalu, baru dua tempat yang telah dikunjungi. Kunjungan ke kampung Palis merupakan tempat yang kedua dan sebelumnya di Kampung Nunang, Kecamatan Sanonggoang

Bupati Mabar yang biasa disapa Edi Endi mengatakan ada kerinduan untuk mengunjungi semua kampung di Manggarai Barat, Namun karena situasi COVID-19, belum bisa di lakukan.

Bupati mengatakan, momen Hari Raya Idul Adha, dimaknai sebagai hari kurban.

"Pada momen Idul Adha ini kita harus selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mendoakan agar pandemi COVID-19 ini cepat berlalu, agar kita bisa kembalibersilaturahmi dengan sanak saudara secara tatap muka," ujar Bupati Edi Endi

Bupati Edi Endi meminta segenap umat Muslim di Palis, untuk taat mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan taat protokol kesehatan juga merupakan bagian dari berkurban.

"Ketaatan kita mengikuti protokol kesehatan, nerupakan bagian dari kurban, ini demi keselamatan diri kita sendiri maupun sesama. Karena, sebaik apapun obat yang disiapkan untuk menangkal COVID-19, tetapi kalau kita tidak mengikuti dan menaati protokol kesehatan, semua sia sia," ucapnya

Dalam kesempatan itu, Bupati Edi Endi juga berjanji kepada umat Muslim di Masjid Mutaqin Palis bahwa Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat akan memberikan bantuan sebesar Rp20 juta untuk merehabilitasi bangunan masjid, dan meminta imam untuk segera mengajukan proposal.

Selain di Masjid Al-Muttaqin Kampung Palis, Desa Nanga Lili, Kecamatan Lembor Selatan, penyerahan hewan kurban juga dilakukan di Masjid Uswatun Hasanah, Dusun Lemes, Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo oleh Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng didampingi Asisten II Marten Ban dan Camat Komodo Imran.

Kemudian di Masjid Babu Salam Bambor, Kecamatan Mbeliling, hewan kurabn dibagikan oleh Ketua DPRD Mabar Martinus Mitar dan di Masjid Jahidul Akbar Pulau Mesa Desa Pasir Putih Kecamatan Komodo oleh Kabag Kesra David Rego.

( Kristian/Edwin/frumen)