Pemkab Banjar Sembelih Hewan Kurban Hari Ini

Martapura - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, melaksanakan penyembelihan hewan kurban sehari setelah perayaan Idul Adha 1442 H di belakang perkantoran pemda, Rabu (21/7) pagi.

Penyembelihan hewan kurban tersebut dihadiri Bupati Banjar Saidi Mansyur didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Nurgita Tiyas, Wakil Bupati Said Idrus Al Habsyie, Sekretaris Daerah Hilman, asisten, staf ahli, kepala SKPD lingkup Pemkab Banjar, panitia pelaksana dan peserta ibadah kurban.

Bupati Saidi, dalam sambutannya atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Banjar mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Ia mengemukakan ibadah kurban memiliki dua makna penting. Pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah Sang Khalik. Kedua, makna sosial dimana Rasululah mendidik umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama.

"Mudah mudahan penyembelihan hewan kurban tahun ini merupakan salah satu bukti kepatuhan dan ketaatan kita kepada Allah SWT , disamping sebagai wujud kebersamaan dan niat baik kita kepada sesama. Dan semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan memberikan petunjuk atas usaha yang kita lakukan untuk mewujudkan Kabupaten Banjar MANIS (Maju, Mandiri dan Agamis)," harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Syawiyan dalam laporannya mengatakan pada tahun ini pemerintah daerah menyumbangkan 8 ekor sapi, 2 ekor sapi Limosin berasal dari bupati Banjar, 1 ekor sapi dari PKK Kabupaten Banjar dan 5 ekor dari ASN lingkup Pemkab Banjar.

"Alhamdulillah hasil dari hewan kurban ini akan disumbangkan terutama kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti anak anak panti asuhan, abang tukang becak dan warga sekitar. Juga kepada tenaga kontrak dan ASN, golongan I dan II. Semoga dengan penyembelihan 8 ekor sapi ini dapat membantu masyarakat sekitar ,apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang dan daging kurban dapat dibagikan tepat kepada yang lebih membutuhkan," jelasnya.