Bupati Ciamis Minta Ambulans Puskesmas dan RSUD Dipasangi Ventilator

Ciamis - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menginstruksikan kepala Dinas Kesehatan agar segera menambahkan ventilator di setiap mobil ambulans milik puskesmas dan rumah sakit.

Hal tersebut disampaikan Bupati Herdiat Sunarya dalam Rapat PPKM Level 4 secara virtual, Rabu (21/7).

“Dengan sulitnya oksigen ini kita tidak mau masyarakat yang dibawa ke rumah sakit sampai tidak bisa ditangani," tegasnya.

"Saya sudah perintahkan Dinas Kesehatan agar semua ambulans puskesmas dan RS di Ciamis agar disiapkan ventilator. Mudah-mudahan dengan hal tersebut bisa membantu masyarakat,” sambungnya.

Herdiat mengingatkan, sekalipun PPKM Darurat sudah dicabut dan dihentikan nantinya pada 26 Juli 2021, dirinya ingin protokol kesehatan tetap diterapkan karena kesehatan dan nyawa lebih penting.

Sementara itu terkait ketersediaan oksigen, Bupati Herdiat mengatakan, saat ini kondisinya sangat mengkhawatirkan. Ia setiap malam memonitor ketersediaan oksigen di Ciamis, yang biasanya stoknya tidak kurang dari 100 tabung, namun saat ini hanya berkisar 20-40 tabung.

“Kita selalu menghemat tabung oksigen, karena oksigen sudah sulit didapat," ujarnya.

"Pemkab pun telah berupaya mencari di berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung dan daerah lainnya untuk memenuhi kebutuhan oksigen,” sambungnya.

Sebagai upaya penanganan dan pengelolaan kelangkaan oksigen, jelas Herdiat, Pemkab Ciamis telah membentuk Posko Pengendalian Ketersediaan dan Pendistribusian Oksigen. Posko tersebut dibentuk sesuai arahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.