DMI Gandeng Polres Kediri Kota Salurkan Hewan Kurban

Kediri - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Kediri menggadeng Polres Kediri Kota melalui para Babinkamtibmas untuk membantu proses penyaluran daging kurban kepada masyarakat untuk mengantisipasi kerumunan sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

" Di Masjid Darunnajah, Bandar Kidul kami bersama Polres Kediri kota membangun sinergi dalam rangka Hari Raya Idul Adha,” ujar Ketua DMI Kota Kediri Abu Bakar Abdul Jalil, Rabu (21/7).

Dijelaskan oleh Gus Ab, sapaan akrabnya, pada kesempatan itu Kapolres Kediri Kota, AKBP Wahyudi mengerahkan para Babinkamtibmas untuk membantu proses pengiriman daging kurban kepada para warga penerima.

“Daging didistribusikan kepada warga, terutama yang ada disekitar masjid,” imbuh Gus Ab.

Disebutkannya, selain masjid Darunnajah, sinergi ini juga dilakukan di tiga masjid lainnya.

“Hari ini (21/7) berlanjut di tiga lokasi masjid, yaitu masjid Al-Khalid, Kelurahan Semampir; masjid Aulia, Kelurahan Setono Gedong, dan masjid At-Taqwa-Kelurahan Pesantren,” imbuhnya.

Tidak hanya membantu dalam hal pendistribusian, aparat kepolisian, dalam hal ini Babinkamtibmas juga turut serta dalam upaya pengamanan selama jalannya penyembelihan, guna mengantisipasi timbulnya kerumunan.

“Masjid-masjid ini dipilih mengingat jumlah kurban yang disembelih lumayan banyak, sehingga perlu dilakukan pengamanan, takutnya terjadi kerumunan apalagi di tengah pandemi Covid-19 dan kebijakan PPKM darurat ini,” tandasnya.

Gus Ab juga berpesan bagi setiap masjid atau mushola yang menyelenggarakan penyembelihan diminta untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan selama jalannya penyembelihan.

“Usahakan penyembelihan dilakukan di tempat yang lapang dan luas supaya tidak berkerumun,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan yang dilakukan kemarin, sejumlah petugas penyembelihan dan takmir masjid juga mendapatkan bantuan paket sembako yang diberikan langsung oleh Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi.